Dirbinmas Polda Banten Dialog Interaktif tentang Kampung Bersih dan Aman 2019

Tandaseru – Direktur Binmas Polda Banten Kombes Pol Oki Waskito yang diwakili Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Banten AKBP Meriyadi menghadiri dialog interaktif acara Talkshow Kampung Bersih dan Aman 2019 di studio utama Banten Raya TV, Rabu (13/11).

AKBP Meriyadi didampingi beberapa narasumber lainnya, yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto, Direktur Bidang Pendidikan dan Kampanye Lingkungan LSM Rekonvasi BHUMI, Rizal Fauzi dan dipandu host Banten Raya TV Ratu Fitri.

Meriyadi menyampaikan kampung aman adalah suatu kondisi masyarakat yang bebas dari gangguan fisik maupun psikis, bebas dari kekhawatiran, keraguan, dan ketakutan, dilindungi dari segala macam bahaya serta kedamaian ketentraman lahiriah maupun batiniah.

“Kampung aman ini perlu kesadaran dan kekuatan masyarakat dalam mencegah, menangkal, menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat dalam menjalankan kegiatan kehidupannya,” terangnya.

Dia menyebutkan kriteria kampung aman yaitu tidak ada masyarakat yang terkena tindak pidana kejahatan, Bebas narkoba, bebas kekerasan dalam rumah tangga, adanya siskamling, masyarakat yang sadar hukum, tidak ada tawuran dalam masyarakat, masyarakat tidak mempekerjakan anak dibawah umur, tidak ada tindak pelecehan seksual, bebas dari kekerasan terhadap anak.

Dalam penilaian kampung aman yang dinilai yaitu pertama program yang dimiliki kampung dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, kedua keberhasilan kampung dalam menjaga kamtibmas, ketiga keberhasilan kampung dalam menciptakan kader yang sadar hukum, keempat keberhasilan kampung dalam mencegah dan peredaran narkoba, kelima tersedianya sarana dan prasarana siskamling, keenam keberhasilan dalam mencegah terjadinya tindak kekerasan dalam rumah tangga dan anak-anak, ketujuh memiliki kelompok kader sadar hukum.

Dia mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan supaya aman tertib dan tenteram. “Menjaga keamanan bukan hanya tugas kepolisian, namun menjaga keamanan adalah tugas kita bersama semua,” Ujarnya.

Sementara itu Rudi Suhartanto mengatakan tujuan kegiatan kampung bersih dan aman ini Menghadirkan kampung dengan lingkungan bersih, sehat, mandiri, dan aman sehingga dapat terwujudnya lingkungan layak huni.

“Target peserta ini yaitu 326 RW dan akan dinilai sampai final, diharapkan setelah lomba dapat menggaungkan masyarakat bergerak kampung bersih, aman, dan tertib,” katanya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id