FOKUS

Dokter di China Meninggal Usai Rawat Pasien Virus Corona

JAKARTA (tandaseru) – Salah satu dokter ahli yang membantu pasien terinfeksi virus corona meninggal dunia, di Provinsi Hubei, Tiongkok, Sabtu (25/1).

Liang Wudong, 62 tahun dari Departemen Otolarngologi yang merawat telinga, hidung dan tenggorokan pasien di Rumah Sakit Hubei Xinhua, dicurigai tertular virus corona baru pada 16 Januari.

Dilansir dari China Daily, Sabtu (25/1), laporan kemarian Liang Wudong ini merupakan kematian pertama petugas medis dalam menangani wabah virus corona di kota Wuhan, Hubei Tiongkok.

“Liang Wudong telah dipindahkan ke Rumah Sakit Jinyintan Hubei–tempat puluhan warga terinfeksi dirawat. Ia meninggal sekitar pukul 7 pagi waktu setempat,” tulis media setempat.

Kematian Liang dilaporkan oleh televisi nasional China Global Television Network (CGTN) pada Sabtu (25/1) waktu setempat.

Sekadar informasi, Komisi Kesehatan Wuhan menyatakan pada Selasa lalu, 15 petugas medis terinfeksi namun salah satunya sedang dalam kondisi kritis.

Hingga kini, kematian akibat virus corona naik hingga 41 korban jiwa. Data terbaru pada Jumat (24/1) malam, total kasus mencapai 1.287 jiwa.

WHO belum putuskan darurat kesehatan dunia

Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum menetapkan wabah virus corona sebagai ancaman kesehatan dunia, meskipun penyebaran virus yang menginfeksi saluran pernapasan ini berdampak pada negara lain, seperti misalnya Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Taiwan, dan Singapura.

WHO beralasan, meski virus Corona menyebar luas di negara-negara tersebut, jumlah kasusnya kecil dan tidak begitu berdampak pada lingkungan sekitarnya.

“Ini darurat di China, tetapi belum menjadi darurat kesehatan global,” ucapnya.

Pemutusan darurat kesehatan dunia ini mengalami perdebatan panjang. Beberapa menuntut deklarasi darurat ancaman wabah.

Namun, yang lain mengatakan terlalu cepat menyimpulkannya karena jumlah kasus di negara selain Tiongkok masih terbilang sedikit.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait