FOKUS

Dua Kamera e-TLE Telah Dipasang di Jalur Busway, Ini Titiknya

Tandaseru – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sejauh ini telah memasang kamera Eletronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) di dua titik jalur bus TransJakarta.

“Terkait dengan TransJakarta dua titik yang sudah pasti ini,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya di Mapolda Metro Jaya, Senin (23/9).

Dua titik itu ada di jalur busway dari Pasar Minggu sampai ke arah Mampang, Jakarta Selatan. Sejauh ini baru dua titik karena masih menunggu pihak TransJakarta sebagai pengelola yang berwenang atas jalur tersebut. Memang ada rencana akan diterapkan diseluruh koridor, tapi kata Nasir semua kembali lagi ke TransJakarta terkait kebutuhannya.

Lebih lanjut dia mengatakan rencananya semua ini akan dilaunching pada tanggal 2 atau 3 Oktober 2019 jika tidak ada kendala. Apabila ada kendala, maka launching terpaksa diundur jadi tanggal 8-10 Oktober. Pihaknya mengaku koordinasi dengan TransJakarta jadi penentu kapan pastinya launching dilakukan.

“Kebutuhannyakan nanti dari kebutuhan TransJakarta kita akan menyesuaikan,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf menyebut, pengadaan kamera E-TLE di jalur TransJakarta bukan hanya akan menyasar pengendara roda empat, tapi juga roda dua. Pemasangan kamera E-TLE dirasa perlu guna membantu mengurangi pelanggaran menerobos jalur TransJakarta.

Apalagi, makin banyak pengendara menerobos jalur busway. Hal itu berdasar data yang dimiliki PT TransJakarta mulai tahun 2016 hingga 2018, di mana menyebut tingkat sterilisasi kendaraan bermotor cenderung menurun.

Perlu diketahui bahwa dampak dari banyaknya pengendara menerobos jalur busway adalah ketepatan waktu kedatangan bus TransJakarta dan kenyamanan para pelanggan terganggu. Maka dari itu, diharapkan pengadaan ini bisa memberi efek jera.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait