FOKUS

Dua Oknum Polisi Penjual Senpi ke KBB Didasari Pertemanan dan Ekonomi

JAKARTA (tandaseru.id) – Mabes Polri mengungkapkan awal mula dua oknum polisi yang menjual senjata api (senpi) beserta amunisinya ke Kelompok Kriminal Bersenjata. Penjualan senpi ini berdasarkan pertemanan hingga faktor ekonomi.

“Hanya karena berteman, kemudian timbul komunikasi dengan yang terjadi (penjualan senpi). Jadi hanya pertemanan, ternyata lebih jauh lagi pertemanan itu ya akhirnya terlibat dalam (penjualan senpi),” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (3/3).

Namun, Rusdi tidak membeberkan pihak yang menjalin pertemanan dengan dua anggota polisi itu. Kedua anggota yang tidak disebutkan identitasnya itu bertugas sebagai fungsi Sabhara.

Disamping itu, motif ekonomi menjadi landasan kedua oknum anggota polisi itu hingga berani mencuri hingga menjual senjata api tersebut.

“Jelas itu dapat keuntungan, satu butir peluru itu pasti ada harganya. Apalagi sampai satu pucuk senjata, itu pun ada harganya, tentunya menguntungkan secara ekonomi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Rusdi mengatakan pihaknya masih terus mendalami kasus tersebut. Penyelidikan dilakukan oleh Polda Papua dan Polda Maluku.

“Untuk sementara masih dua anggota itu ya yang terlibat,” ungkap jenderal bintang satu itu.

Sebanyak enam orang ditangkap terkait penjualan senpi ke KKB beberapa waktu lalu. Pengungkapan itu berawal dari penangkapan warga Bintuni beserta senpi.

“Hasil penyelidikan diamankan enam orang yang diduga terlibat dengan asal-usul senjata tersebut. Sebanyak empat orang warga sipil dan dua orang anggota Polres Ambon,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (22/2).

Ramadhan tidak menyebut waktu dan lokasi penangkapan. Hanya saja, dia mengatakan keenam orang itu masih menjalani pemeriksaan intensif di Polda Maluku.

“Dilakukan pemeriksaan oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) dan Direktorat Tindak Pidana Umum Polda Maluku,” ungkap Ramadhan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com