FOKUS

Dua Sejoli Buat Sertifikat Vaksin Palsu untuk Dijual, Pemesan Bayar tapi Tak Ada Barang

JAKARTA (tandaseru.id) – Polda Metro Jaya menangkap pasangan berinisial SS dan SK terkait kasus penjualan surat vaksin palsu. Di samping itu, dia juga menipu konsumennya dengan tidak mengirimkan surat palsu tersebut setelah korban mengirimkan uang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebut kasus ini terungkap dari adanya laporan masuk ke polisi. Polisi kemudian menyelidiki sebuah akun media sosial pelaku yang kerap digunakan menawarkan jasa pembuatan surat vaksin.

“Modusnya sama tetapi mereka lebih mengarah ke penipuan karena vaksin yang dia janjikan baik vaksin satu dan dua tetapi hasilnya nggak ada,” kata Yusri dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (27/7).

Sindikat ini beraksi dengan cara menyuruh para korbannya membayar uang pembuatan surat vaksin palsu. Setelah dibayar, pelaku tak kunjung mengirim surat palsu yang telah dipesan korban dan menghilang.

“Pelaku ini menipu dengan harga Rp400 ribu per satu surat. Setelah orang transfer ke mereka, kartu vaksinnya nggak keluar,” beber Yusri.

Setelah mendapat laporan, polisi langsung mengejar kedua pelaku di kawasan Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Dua tersangka inisial SS dan SK. SS itu perempuan dan SK laki-laki. Mereka pacaran tapi otaknya SK, dia yang buat satu akun dan tawarkan ke medsos bagi ingin memiliki sertifikat vaksin tampa divaksin, kami open jasa pembuatan sertifikat,” kata Yusri.

Masih di wilayah Sulawesi Selatan, Polda Metro Jaya juga menangkap satu tersangka lain berkaitan dengan kasus yang sama. Penangkapan berlangsung setelah polisi mendapat laporan berkaitan dengan kasus serupa.

“Ketiga orang ini dengan dua LP, dia satu desa, satu kabupaten di Sulawesi s
Selatan modusnya menipu. Saat transfer tapi kartu vaksin nggak keluar,” kata Yusri.

Atas perbuatantan, para tersangka dikenakan Pasal 28 junto 45 A UU ITE. Para tersangka terancam hukuman di atas enam tahun penjara.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com