FOKUS

Efektifkah Masker Kain Cegah Covid-19? Ini Penjelasannya

JAKARTA (tandaseru) – Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia telah menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.Tak heran, jika masyarakat banyak membeli alat perlindungan diri, seperti masker.

Kelangkaan hand sinitizer dan masker bedah menjadi dampak yang ditimbulkan. Oleh karenanya, masker kain menjadi salah satu cara masyarakat untuk melindungi diri dari tertularnya penyakit Covid-19. Namun apakah masker kain ini tergolong ideal untuk mencegah penularan infeksi virus corona?

Menurut Dokter Erlina Burhan, spesialis paru di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan mengatakan bahwa masker kain memang mampu melindungi dari percikan atau droplet. Namun, benda tersebut tidak bisa melindungi seseorang dari aerosol.

“Jadi pencegahan keluarnya droplet dari batuk atau bersin itu pada pemakai kalau yang dropletnya besar bisa, kalau yang dropletnya kecil tidak bisa masker kain ini,” kata Erlina.

Lebih lanjut, Dia mengatakan efektifitas filtrasi pada masker kain hanya mampu mencegah masuknya partikel ukuran tiga mikron hingga 10 sampai 60 persen.

“Tentu saja ini masker kain ada kebocoran,” tambahnya.

(tandaseru.id/Dimas)

Lebih baik pakai masker kain daripada tidak sama sekali

Seperti dikutip dari Live Science, masker kain sebenarnya tidak ideal. Namun mengingat kurangnya alat perlindungan medis di tengah pandemi Covid-19, maka masker kain bisa menjadi pilihan terbaik bagi sebagian orang.

Namun perlu diketahui, berdasarkan penelitian, masker kain menyebabkan kelembaban, dan memiliki kemampuan menyaring yang lebih buruk dibandingkan dengan masker medis.

Selain itu, penelitian lain yang diterbitkan pada 2013 di jurnal Disaster Medicine and Public Health Preparedness, mengungkapkan bahwa masker bedah komersial tiga kali lebih efektif untuk mencegah penyebaran flu daripada masker kain buatan sendiri.

Dengan demikian, masker kain hanya dianggap sebagai upaya terakhir untuk mencegah penularan virus corona ditengah kelangkaan masker bedah.

Aturan memakai masker kain

Berikut ini aturan penting untuk menggunakan masker kain, di antaranya:

  1.  Selalu gunakan masker kain dengan sisi yang sama untuk di bagian luar (jangan membolak-balikan sisi penggunaan masker).
  2.  Rutin mencuci masker kain, hal itu akan membantu menghilangkan setiap residu partikel virus atau bakteri.
  3. Melepas masker kain dengan memegang tali dari bagian belakang, lalu tarik ke depan. Jangan menyentuh bagian bahan masker.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait