FOKUS

Era Industri 4.0, Gaming Tak Sekedar Game Tapi Bisa Jadi Profesi

JAKARTA (tandaseru) – Tren gaming kini tengah berkembang di kalangan remaja dan anak-anak. Tidak hanya untuk penikmat game, namun juga untuk para penggiat di bidang gaming.

Sejak tahun 2015, industri game di Indonesia diprediksi bakal terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan dengan nilai yang cukup signifikan.

Hal itu juga dibuktikan dari atensi masyarakat baik dari dalam maupun dari luar negeri. Selain itu, adanya peningkatan pembuat dan penyedia konten tentang gaming.

“Semua orang dasarnya suka bermain. Contohnya, saat anak kita ajak belajar bersama pasti ekspresinya langsung berubah, namun kalau kita ajak main bersama itu beda. Mereka cenderung lebih suka dengan kata-kata bermain,” ujar Philip Triatna selaku pembuat game dalam talkshow Ngupi Darurat.

Sementara aktor yang kini beralih profesi ke dunia gaming, Dennis Adishwara mengungkapkan adanya ketertarikan tersediri mengapa dunia gaming jadi digemari.

“Kita jadi melihat dunia game ini sesuatu yang lebih ideal. Karena kita bisa membuat prestasi dengan mengalahkan musuh, menjadi idola di negara antah beranta. Sementara di dunia nyata, kita bukan siap-siapa, sehingga itu membuat game lebih nyaman,”jelas Dennis Adishwara.

Hingga kini, sudah lebih dari 40 item produk game fisik sudah dihasilkan oleh Philip. Pembuatan game yang dilakukan dirinya berfokus pada bermain sambil belajar, serta menciptakan bonding antar anak dan orang tua, atau bahkan sesama kerabat.

“Menurut saya, game fisik dapat membangun hubungan dan menciptakan kebersamaan. Terlebih game fisik tidak terhalang internet dan listrik, sehingga bisa mudah diterima semua hingga ke pedalaman,” ujar Philip.

Berbeda dengan Philip, Dennis mengatakan kehadiran game-game online bisa menciptakan pertemuan jarak jauh.

“Bagi saya online atau offline, fisik atau digital, kehadiran video game diciptakan supaya orang-orang yang tidak bisa bertemu secara langsung, masih bisa bertemu dan tetap bermain bersama,” jelas Dennis.

Bisa dijadikan profesi

Di era industri 4.0 banyak profesi baru yang telah tumbuh yang tidak harus ditempuh lewat jalur pendidikan resmi saja.

Misalnya, saat ini generasi milenial tengah menyukai profesi yang tadinya seringkali hanya di anggap sebuah hobi. Menjadi gamer sekarang sudah tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait