FOKUS

Erupsi Sinabung. Radius 3 Kilometer dari Puncak Gunung Masih Berbahaya

JAKARTA (tandaseru) – Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin (10/8) Puku pukul 10.16 WIB kembali mengalami erupsi dengan ketinggian kolom 5.000 meter, Setelah sehari sebelumnya Minggu (9/8) mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 2.000 meter di atas puncak gunung.

Dalam rilisnya, Raditya Jati, Kepala Pusat data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB menjelaskan,  Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat sedang mendirikan pos komando (posko) dan dapur umum untuk mengantisipasi pemenuhan kebutuhan para penyintas.

Selain pengaktifan posko dan dapur umum, BPBD mengerahkan 6 unit mobil tanki air dan 1 unit water-canon. Mobil water-canon dibutuhkan untuk membersihkan abu vulkanik yang menutupi jalan atau fasilitas umum tersebar di beberapa wilayah.

Pemerintah daerah yang dipimpin BPBD dan pihak terkait lain membagikan masker dan pendistribusian air bersih. Pemerintah Kabupaten Karo juga telah memberikan imbauan kepada warga setempat untuk tetap berada di dalam rumah.

Akibat erupsi ini,  Kecamatan Naman Teran, Berastagi dan Merdeka. terpapar abu vulkanik yang cukup tebal.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait