FOKUS

Gak Kalah Hebat dari SWAT, Ini 5 Fakta Brimob!

Misi Brimob tak kalah mencekam

Dalam perjalanan sejarah perjuangan Indonesia, Brimob banyak melakukan misi-misi berbahaya. Seperti pertempuran 10 November 1945, ketika itu korps Brimob masih bernama Pasukan Polisi Istimewa.

Brimob juga sempat ditugaskan menumpas separatis pengancam stabilitas negara, sebut saja Andi Aziz, DI/TII, RMS dan juga PRRI.

Tak berhenti disitu, Brimob sempat membuat Malaysia ketar-ketir saat konflik 1963. Korps tersebut pun sempat terlibat penuh dalam pergolakan di Timor Timur tahun 1975.

Memang pasukan militer Indonesia berjasa besar, tapi Brimob pun memiliki kiprahnya sendiri yang tak kalah penting.

BrimobBrimob dibekali persenjataan modern

Fakta Brimob lainnya sebagai pasukan istimewa, adalah ha katas kepemilikan senjata yang mematikan dan terbaru. Ada beragam senjata taktis yang dipakai oleh korps ini. Seperti M4 buatan Amerika.

Senapan tersebut hampir serupa dengan M16, tapi kelebihannya tak perlu mekanisme susah saat memasukkan bracket peluru dan tahan panas. Senjata tersebut juga lebih nyaman digunakan dari lainnya.

SS1 jadi senjata andalan Brimob saat bertugas. Senapan tersebut konon mampu menembak akurat dalam jarak ratusan meter.

Selain kokoh dan bisa digunakan pada banyak medan, SS1 adalah senjata buatan Pindad. Sekalipun buatan lokal, kemampuan SS1 sangat diakui dunia. Brimob juga terkadang menggunakan AK101 generasi berikutnya dari sang legenda AK47 dan masih banyak lagi.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait