FOKUS

Gak Kalah Hebat dari SWAT, Ini 5 Fakta Brimob!

Brimob punya keahlian kompleks

Brimob merupakan pasukan yang mampu menggunakan senjata-senjata di atas dengan baik. Pasalnya, mereka ditempa untuk menghadapi misi yang lebih besar.

Tugas Brimob sendiri adalah antiteror, maka mereka dibekali kemampuan khusus yang beragam. Mulai penyelamatan sandera, menjinakkan bom, mengatasi huru-hara, mengepung perampokan, hingga masalah-masalah yang dekat dengan masyarakat.

Brimob bahkan konon mempunyai kemampuan Raider TNI yang mematikan. Hanya saja keduanya ada di ranah berbeda.

Brimob seharusnya saudara tua TNI

Fakta Brimob yang terakhir ini sudah disinggung sebelumnya bahwa Brimob berawal dari Pasukan Polisi Istimewa yang merupakan bentukan Mohammad Jasin dan kawan-kawan.

Mereka adalah bekas polisi Jepang yang berbekal senjata dari gudang senjata Jepang, pada 21 Agustus 1945, mereka mengikrarkan diri sebagai Polisi Republik Indonesia.

Sementara berdasarkan Keppres No. 316 Tahun 1959, 5 Oktober 1945 ditetapkan sebagai hari jadi angkatan bersenjata atau Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Jadi jika dicermati kronologisnya, sebenarnya kepolisian bentukan Mohammad Jasin tersebut lebih tua satu hari dibanding BKR yang terbentuk 22 Agustus 1945.

Maka, bukankah seharusnya TNI menyebut Polri, dalam hal ini Brimob sebagai “saudara tua”? Jasa Mohammad Jasin sebagai cikal bakal Kepolisian Republik Indonesia sangat besar.

Terutama saat mengubah haluan Tokubetsu Kaisatsu Tai atau polisis Jepang menjadi Polisi Istimewa Republik Indonesia. Lalu, pada 14 November 1946, Polisi Istimewa diadopsi Sutan Sjahrir jadi Mobile Brigade dan disingkat Mobrig.

Tujuannya untuk melindungi perjuangan politik dari gangguan serta acaman kudeta militer. Pada tanggal tersebut pula diperingati sebagai hari jadi Brimob. Tak heran jika Mohammad Jasin diberi gelar sebagai Bapak pendiri Brimob.

Itulah kelima fakta Brimob yang perlu diketahui, membanggakan bukan? Selamat HUT ke-74 Brimob!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait