FOKUS

3 Fakta dan Sejarah Mumi Hewan Mesir Kuno

JAKARTA (tandaseru.id) – Orang Mesir Kuno percaya pada kehidupan kekal setelah kematian, sehingga membekali makhluk hidup yang sudah mati untuk hidup kembali di akhirat. Tak hanya manusia, terdapat juga fakta dan sejarah mumi hewan Mesir Kuno.

Para peneliti menunjukkan bahwa setiap lima hieroglif Mesir, dua dari mereka terkait dengan hewan. Hal ini menandakan bahwa orang Mesir kuno mengaggap hewan itu penting, baik dalam alam fisik maupun alam spiritual.

Hewan peliharaan kesayangan mereka bahkan juga mengalami proses mumifikasi untuk menemani pemiliknya dalam kehidupan selanjutnya.

Seperti apa fakta dan sejarah mengenai mumi hewan Mesir kuno, berikut ulasannya.

Fakta dan Sejarah Mumi Hewan Mesir Kuno!

Kepercayaan Dengan Jiwa Hewan Yang Abadi

Orang Mesir kuno percaya jika jiwa hewan yang dimumikan akan hidup abadi selamanya. Seperti sebuah contoh terkenal dari mumifikasi hewan peliharaan milik Ratu Makare dari Thebes.

Dia memiliki mumi seekor monyet dewasa (Chlorocebus aethiops) di sarkofagusnya.

Saat arkeolog pertama sekali menemukan makam Ratu Makare, mereka melihat sebuah bungkusan mumi kecil dekat kaki Ratu Makare. Awalnya bungkusan ini dianggap mumi anak kecil.

Namun setelah di analisa dengan sinar-X pada tahun 1968 membuktikan bahwa mumi tersebut adalah seekor monyet dewasa.

Penemuan Ribuan Kucing Mumi

Para arkeolog menemukan setidaknya ribuan kucing mumi di berbagai kuburan. Kucing dianggap sakral karena mewakili Bastet, dewi Mesir untuk musik dan pelindung wanita.

Selain itu Dewa Mesir kuno Ra juga digambarkan sebagai kucing.

Kultus Banteng Apis

Jika ditelurusi kembali ke tahun 1800 SM, Kultus banteng Apis (Apis bull) melambangkan kekuatan dan kesuburan.

Dimana banteng ini dianggap sebagai reinkarnasi dari dewa Ptah dan Osiris. Saat masih hidup, banteng Apis diberi cukup makan dan diperlakukan dengan baik.

Selain itu, banyak para pendeta memiliki pandangan bahwa sapi jantan ini menjadi media komunikasi kepada dua dewa tersebut.

Itulah beberapa fakta dan sejarah mumi hewan Mesir yang banyak orang tidak ketahui. Semoga bisa membantu menambah wawasan Anda ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com