FOKUS

70 Tahun Diresmikan, ini 4 Fakta Lambang Negara Indonesia!

Dilukis oleh Dullah

Gambar dari lambang Negara tersebut pun dilukis oleh Dullah, pelukis Istana pada saat itu. Tetapi kembali Soekarno minta, agar Sultan Hamid menambah skala ukuran dan tata warna pada gambar lambang negara tersebut.

“Dullah melukis desain terakhir, karena sudah resmi diresmikan pemanfaatannya, yang dibikin oleh Sultan Hamid II diperbaiki ada jambul, ada cengkeraman di depan,” ujar Rushdy.

Masuk dalam UU 1951

RIS pun akhirnya kembali jadi Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1950 usai gerakan mosi yang dilakukan oleh Mohammad Natsir, dan teman-temannya.

Lalu pada 10 Juli 1951, Dewan menteri rapat untuk membahas mengenai pengaturan lambang negara berdasarkan pada pasal 3 ayat 3 UUDS 1950.

Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Sukiman Wirjosandjojo kemudian menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Thun 1951 tentang Lambang Negara.

PP tersebut pun selanjutnya diundangkan oleh menteri kehakiman M. Nasroen dalam Lembaran Negara No 111 dan Tambahan Lembaran Negara No 176 Tahun 1951.

Maka, sejak itulah secara yuridis formal lambang Garuda Pancasila rancangan Sultan Hamid II resmi jadi lambang Negara Indonesia

Nah, sudah semakin tahu bukan tentang fakta lambang Negara Indonesia? Jadi semakin luas wawasannya dan semakin tumbuh rasa Nasionalisme!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait