FOKUS

4 Fakta Menarik Hagia Sophia, Museum yang Kini Kembali menjadi Masjid

JAKARTA (tandaseru) – Presiden Turki, Tayyib Erdogan secara resmi mengalihfungsikan Hagia Sophia menjadi masjid pada Jumat, (10/06/2020). Ada beberapa fakta menarik Hagia Sophia yang patut untuk disimak.

Masyarakat muslim kini diperbolehkan untuk beribadah di bangunan bersejarah tersebut. Salah satu warisan dunia ini akan mulai digunakan untuk melayani ibadah masyarakat Muslim pada 24 Juli 2020 mendatang.

Meskipun disambut secara sukacita oleh masyarakat muslim, ternyata keputusan ini menjadi sorotan dunia internasional karena Hagia Sophia dianggap sebagai bangunan yang sangat bersejarah bagi banyak orang.

Inilah fakta menarik Hagia Sophia

Hagia Sophia berarti Holy Wisdom atau kebijaksanaan yang suci

Pada abad ke-6, Hagia Sophia menjadi ikon kota Istanbul. Bangunan berkubah ini sangat terkenal di kalangan kristen ortodoks dan juga kaum muslim.

Hagia Sophia dibangun untuk  para pengikut kristen ortodoks di Istanbul atau yang dulu dikenal dengan nama Konstatinopel.

Arsiteknya seorang ahli matematika dan mekanika

Strukur bangunam Hagia Sophia dirancang oleh Isidore dari Melitus dan Antemius dari Tralles. Keduanya disebut sebagai ahli matematika dan mekanika.

Kedua arsitek ini menjadi sangat terkenal karena proses pembangunan Hagia Sophia yang hanya memakan waktu sekitar 6 tahun saja.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait