FOKUS

Fakta Unik Benua Antartika yang Jarang Diketahui Orang

Tandaseru – Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata Antartika? Pasti yang terlintas adalah daratan yang ditutupi oleh salju tebal. Namun tahukah Anda tentang beberapa fakta unik benua Antartika?

Banyak yang mengira jika benua antartika adalah kutub utara, padahal yang benar kutub selatan. Benua yang terletak di sebelah selatan bumi ini hampir 99% wilayahnya tertutup oleh es dan salju.

Meskipun cuaca disana terkenal sangat ekstrem, namun ada beberapa makhluk hidup yang dapat beradaptasi disana.

Kira-kira makhluk hidup apa saja ya yang bisa tinggal di daerah sedingin itu? Yuk ikuti sederet fakta tentang benua antartika ini.

Beruang tidak tinggal di kutub selatan merupakan fakta unik benua antartika yang pertama

Dalam bahasa Yunani Antartika dapat diartikan sebagai tanah tanpa beruang. Sedang Artktik dalam bahasa Yunani berarti tanah beruang. Jadi di kutub selatan tidak ada beruang ya.

Penguin, ikan paus biru, anjing laut, dan beberapa jenis serangga adalah hewan yang dapat beradaptasi di antartika.

Syarat jika ingin bekerja di benua antartika

Ada beberapa syarat jika Anda akan bekerja di antartika. Apa sajakah syaratnya? Syaratnya adalah Anda harus mencabut gigi bungsu.

Apabila Anda melamar sebagai tenaga kesehatan disana maka Anda wajib menghilangkan apendiks milik Anda.

Hal ini dilakukan dengan alasan jika Anda merasa kesakitan selama musim dingin maka Anda tidak perlu di evakuasi karena evakuasi tidak mungkin dilakukan selama musim dingin disana.

Adakah tumbuhan yang hidup Antartika?

Ketebalan es di antartika yang mencapai 1,6 kilometer dan sedikitnya sinar matahari disana maka tidak ada tumbuhan yang dapat bertahan hidup.

Hanya terdapat sekitar 100 spesies lumut, 25 livewort, dan 2 spesies bunga yang akan tumbuh di musim panas.

Di antartika ada “air terjun darah”

Meskipun terkenal dengan suhu dinginnya, ternyata di antartika juga ada air terjun lho. “Air terjun darah” ini berada di wilayah Lembah kering McMurdo.

Darah disini bukan berarti darah yang sebenarnya, namun reaksi dari sejumlah natrium dan zat besi yang terdapat di dalam air yang bertemu dengan oksigen dan terpapar oleh udara.

Di antartika terdapat Bar dan Mesin ATM

Bar dan ATM disini disediakan bagi para staff karyawan dan sejumlah orang yang melakukan ekspedisi. Barnya sendiri terdapat di Stasiun penelitian Vernadsky.

Sedangkan mesin ATM disana dioperasikan oleh Wells Fargo Bank. Butuh waktu 10 bulan untuk melakukan pengisian uang tunggal disana.

Itulah beberapa beberapa fakta unik benua antartika. Semoga dapat menjawab rasa penasaran Anda ya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait