FOKUS

3 Fakta Beruang Grizzly, Si Predator Besar yang Paling Dikenal Banyak Orang

JAKARTA (tandaseru.id) – Beruang grizzly atau beruang coklat merupakan jenis beruang yang hidup di wilayah timur Eurasia dan Amerika Utara. Beruang ini termasuk paling populer dikalangan masyarakat. Namun ada beberapa fakta unik beruang grizzly yang tak banyak orang ketahui.

Beruang grizzly sering muncul di berbagai media, hewan bertubuh besar ini salah satu predator puncak yang memiliki habitat alami di wilayah Amerika Utara.

Hewan berbubulu coklat ini memiliki bobot hingga 130-700 kg. Lalu seperti apa fakta unik lainnya dari beruang grizzly?

Fakta Unik Beruang Grizzly

Hewan Yang Dapat Hidup Cukup Lama

Rata-rata usia beruang coklat adalah 25 tahun. Di alam liar Beruang tertua yang pernah ditemukan berusia sekitar 37 tahun.

Sedangkan di penangkaran bisa mencapai usia yang lebih lama hingga 50 tahun.

Mampu Berlari 35 mil Per jam

Beruang satu ini memang terlihat malas dan tidak bisa bergerak cepat dengan ukuran tubuhnya yang sangat besar.

Namun siapa sangka, National Wildlife Federation memberikan fakta bahwa predator satu ini bisa berlari secepat 35 mil per jam atau 56 km per jam.

Bahkan kecepatan beruang ini lebih cepat dari pelari kenamaan Usaian Bolt yang punya rekor 100 meter dengan kecepatan 44,72 km per jam.

Hanya saja beruang grizzly tidak bisa lari lama-lama, karena mereka akan kehilangan kecepatan dalam waktu singkat. Meskipun begitu hampir mustahil bisa lolos dari kejaran beruang satu ini.

Sempat Terancam Punah

Dulu beruang grizzly menjadi salah satu satwa yang menjadi target para pemburu, sampai populasi hewan ini menurun drastis dan berada diambang kepunahan.

Ditambah perluasan wilayah untuk kebutuhan manusia membuat habitat alami mereka menjadi sempit.

Namun saat ini populasi grizzly mengalami peningkatan, karena mendapat perlindungan ketat oleh hukum lingkungan Amerika Serikat.

Itulah beberapa fakta unik beruang grizzly yang banyak orang tidak ketahui.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com