FOKUS

Bijinya Bisa Dimakan? ini 5 Fakta Unik Buah Durian

Tandaseru – Buah satu ini tidak hanya disukai tapi juga dibenci banyak orang akibat aroma atau rasanya. Tapi, pernah tahu soal fakta unik durian sebelumnya? Yuk kepoin!

Siapa yang tidak tahu buah dengan rasa dan aroma yang khas ini? Ada banyak yang menyukainya, tapi tidak sedikit pula yang sangat membencinya.

Biasa dijuluki sebagai raja buah, durian banyak tumbuh di sekitar wilayah Asia Tenggara. Indonesia jadi salah satu rumah bagi durian dan jenisnya juga berbeda-beda.

Buah dengan nama ilmiah Durio zibethinus ini, ternyata memiliki banyak fakta unik yang mungkin Anda belum pernah tahu sebelumnya.

Seperti apa fakta unik durian yang berbuah legit ini ya?

Aroma khas dari 44 senyawa

Fakta unik pertama tentang durian, mengutip dari Journal of agricultural and food chemistry, ternyata aroma khas yang dihasilkan durian itu berasal dari 44 senyawa yang terkandung di dalamnya.

Semua senyawa aktif di dalamnya berkontribusi untuk menimbulkan aroma mulai dari; aroma seperti karamel, telur busuk, buah, sup, belerang, madu, bawang putih panggang sampai kotoran.

Jadi sangat tidak heran, jika aroma durian ini begitu menyengat, bahkan sampai sejumlah hotel melarang tamunya membawa durian ke kamar atau perusahaan penerbangan yang melarang membawa durian masuk ke kabin pesawat.

Durian Rendah KolesterolMengonsumsi durian bersamaan dengan alkohol itu berbahaya!

Selain aromanya, penelitian dalam jurnal Food chemistry menunjukan, seseorang yang mengonsumsi durian bersamaan dengan alkohol dapat terserang gangguan kesehatan.

Hal itu terjadi akibat kandungan sulfur dalam durian, yang dapat mencegah enzim pemecah alkohol. Maka, kadar alkohol dalam darah bisa meningkat dan menimbulkan gejala mual, muntah sampai jantung berdebar.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait