FOKUS

4 Fakta Unik Kucing Emas Langka yang Hampir Punah

JAKARTA (tandaseru) – Kucing emas atau nama latin catopuma temminicki menjadi salah satu spesies kucing yang sangat langka saat ini. Ada beberapa fakta unik kucing emas  yang menarik untuk dibahas.

Hewan ini memiliki karakteristik nokturnal yang hidup liar di hutan hujan tropis dan subtropis.

Uniknya kucing emas masuk ke dalam famili felidae serta masih memiliki kekerabatan dengan cheetah, puma, jaguar, macan tutul, singa dan harimau.

Kucing ini memiliki keahlian memanjat yang baik untuk memangsa makanannya di pohon seperti burung dan hewan lainnya yang berukuran lebih kecil darinya.

Lalu, seperti apa kira-kira fakta unik dari kucing emas? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Fakta Unik Kucing Emas Langka yang Hampir Punah

Tidak Mampu Melihat Saat Lahir

Tahukah Anda, kucing emas yang memiliki panjang tubuh 116-161 cm ini ternyata tidak mampu melihat saat mereka baru lahir, bayi kucing emas akan mengalami kebutaan sementara ketika baru lahir.

Bayi kucing emas akan bisa melihat secara sempurna setelah 6-12 hari setelah dilahirkan. Benar-benar unik ya!

Tersebar di Wilayah Asia Tenggara

Penyebaran habitat dari hewan ini yaitu di wilayah Asia Tenggara, mulai dari Nepal, India, Bhutan, India, Kamboja, Laos, Thailand, Vietnam hingga China Selatan. Selain itu, satwa ini juga hidup di wilayah Indonesia dan Malaysia.

Kucing emas memiliki warna yang eksotis, yaitu perpaduan coklat tua, kayu manis pucat, merah ke coklat keemasan dan abu-abu sampai hitam.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com