FOKUS

4 Fakta Unik Lumba-Lumba, Hewan Penyayang yang Jadi Sahabat Manusia

JAKARTA (tandaseru.id) – Lumba-lumba merupakan mamalia laut yang sangat cerdas. Salah satu fakta unik lumba-lumba adalah hewan ini memiliki sistem alamiah dalam tubuhnya yang begitu kompleks, sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba.

Lumba-lumba bukan hewan asing bagi manusia, karena sering terlihat di sirkus, SeaWorld, bahkan melihat langsung di laut lepas yang jadi habitat asli hewan ini.

Nah, seperti apa fakta menarik dari hewan ramah ini?

Fakta Unik Lumba-Lumba, Hewan Penyayang yang Jadi Sahabat Manusia

Tidak Bisa Bernapas Dalam Air

Mungkin Anda sering berpikir jika hewan ini bisa bernapas dalam air. Faktanya lumba-lumba berbeda dengan ikan, yaitu tidak memiliki insang. Sebab itu, lumba-lumba sesekali muncul ke permukaan laut.

Lumba-lumba memiliki sebuah lubang sembut dibagian atas tubuhnya, berfungsi untuk menghirup udara agar bisa bernapas di dalam air sekaligus mencegah paru-paru lumba-lumba tidak kemasukan air dan membuat mereka tenggelam.

Bisa Hidup di Setiap Perairan Dunia

Menariknya, sebagian besar jenis lumba-lumba dapat ditemukan di seluruh dunia, hampir setiap perairan.

Sehingga tak heran jika ada lumba-lumba yang hidup di air tawar seperti perairan hangat dan dangkal.

Perlu Anda ketahui, lumba-lumba terbagi menjadi dua kategori. Lumba-lumba pesisir hidup di perairan hangat, dan lumba-lumba lepas pantai yang dapat hidup di lingkungan lebih dingin.

Tak jarang orang menemukan hewan ini di pelabuhan, teluk, dan laguna. Beberapa spesies lumba-lumba besar dapat di temukan di daerah lebih dingin, seperti Kutub Utara dan Antartika.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com