FOKUS

Fakta Unik Negara Vanuatu yang Mengusik RI di Sidang Majelis Umum PBB

JAKARTA (tandaseru) –  Belum lama ini Vanuatu tengah menjadi sorotan lantaran menuding pemerintah Indonesia melakukan pelanggaran HAM di Papua. Dengan tersorotnya negara kecil ini, maka ikut terungkap pula sederet fakta unik Vanuatu yang menarik untuk dibahas.

Negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik bagian selatan ini tergabung dalam Negara Persemakmuran Inggris.

Pada tahun 2020, Vanuatu berhasil menempati urutan ke-4 sebagai negara terbahagia versi Happy Planet Index.

Sejak Vanuatu merdeka dari penjajah, semua tanah menjadi milik penduduk asli dan mereka tidak menjualnya pada pihak asing.

Inilah salah satu alasan kenapa Vanuatu bisa menjadi salah satu negara terbahagia di dunia. Selain itu, masih ada beberapa fakta unik Vanuatu yang patut Anda ketahui.

Fakta Unik Vanuatu

Terletak di Benua Oseania

Negara Vanuatu menjadi salah satu negara yang berada di benua Oseania. Letaknya berdekatan dengan Australia dan Papua Nugini.

Vanuatu sendiri terdiri dari dari pulau-pulau kecil yang berjumlah lebih kurang 80.

Menjadi salah satu negara di dunia yang menganut kanibalisme

Dahulu, Vanuatu dikenal sebagai salah satu negara kanibal di dunia. Bukan tanpa sebab, pada tahun 1839, Komunitas Misionaris London mengirim 2 orang ke Vanuatu. Begitu tiba, langsung dibunuh dan dijadikan santapan oleh warga di pulau Martyrs (Erromango).

Para antropolog mencatat, jika praktek kanibalisme di Vanuatu terakhir terjadi pada tahun 1969. Meski begitu, ternyata praktek memasak tradisional yang menggunakan daging manusia masih terjadi hingga saat ini.

Bisa dibilang ini adalah tradisi turun temurun masyarakat asli Vanuatu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com