FOKUS

5 Fenomena Laut Paling Langka yang Pernah Terjadi di Bumi!

JAKARTA (tandaseru) – Mungkin di dunia ini punya banyak kejadian dan rahasia yang belum kita ketahui. Seperti fenomena lautan paling langka ini!

Fenomena alam yang bisa membuat Anda terkagum bukan hanya terjadi di langit atau daratan saja, tapi di lautan juga bisa terjadi fenomena yang memanjakan mata.

Tapi ada juga fenomena yang justru terlihat mengerikan dan tak ada hubungannya dengan kejadian mistis, karena semua hal bisa dijelaskan oleh sains.

Beberapa fenomena lautan bahkan ada yang  cukup langka terjadi, tapi sejumlah orang beruntung sempat berhasil mengabadikannya dalam potret.

Berikut fenomena lautan paling langka!

Fenomena laut bercahaya

Fenomena yang pertama ini biasa terjadi di malam hari, saat itu lautan berubah jadi warna biru terang dan bercahaya seperti langit yang bertabur bintang.

Hal itu terjadi akibat makhluk laut yang menghasilkan bioliminescence, yaitu makhluk hidup penghasil cahaya alami. Mahluk laut tersebut kebanyakan adalah mikroorganisme atau plankton.

Cahaya tersebut gunanya untuk menghindari atau mengalihkan perhatian dari para predator. Tapi di sisi lain, hal tersebut jadi fenomena yang cantik ketika lautan nampak bercahaya.

Tempat yang bisa melihat fenomena laut bercahaya ini ada 3 yaitu, di Maladewa, Mosquito Bay di Puerto Rico, dan di San Diego, Amerika Serikat.

Jika di Maladewa, coba datang sekitar bulan Juli sampai Februari saat fase bulan baru atau new moon. Di maladewa Anda bisa melihat fenomena dengan kondisi paling cantik di Mudhdhoo, Vaadhoo dan Rangali.

Sementara di Mosquito Bay, Anda bisa melihatnya di sepanjang teluk. Sedangkan yang di San Diego, lautan bercahaya terjadi akibat fitoplankton, yaitu jenis plankton penghasil makanan sendiri dan masuk jadi rantai makanan paling bawah.

Fitoplankton tersebut ada di sepanjang pantai di San Diego yang dipercaya jumlahnya jutaan. Ketika senja menjelang, lautan dekat pantai akan berubah terlihat biru bercahaya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait