FOKUS

FIFA Gelontorkan ke Setiap Anggotanya Rp7,7 Miliar, Apa Rencana PSSI?

JAKARTA (tandaseru) – PSSI merupakan salah satu federasi sepak bola anggota FIFA yang akan memperoleh gelontoran dana dalam waktu dekat ini dari FIFA.

Dalam surat sirkulernya FIFA telah menyetujui untuk mempercepat pengucuran dananya sekaligus untuk membantu anggotanya dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Total dana bantuan FIFA tersebut senilai US$150 juta atau sekitar Rp2,3 triliun akan didistribusikan kepada 211 negara anggota sepak bola mereka yang berada di seluruh dunia, termasuk PSSI.

Masing-masing negara akan mendapatkan dana sebesar US$500.000 atau sekitar Rp7,7 miliar. Dana ini akan digunakan untuk operasional federasi serta menyelesaikan urusan dengan pihak ketiga.

Dalam surat sirkuler FIFA pada 24 April 2020 disebutkan, Komite Pengembangan dan Komite Keuangan FIFA menyetujui untuk memajukan pengucuran dana program FIFA Forward 2.0 tahun 2019 dan 2020 yang semula akan diberikan pada Juli menjadi dalam waktu dekat.

Kucuran dana tersebut sengaja dimajukan sebagai respons FIFA untuk membantu anggotanya di seluruh dunia terkait pandemi Covid-19.

Program FIFA Forward merupakan program bantuan dana yang FIFA diberikan kepada seluruh anggota asosiasinya untuk biaya operasional dan proyek khusus yang diajukan setiap tahunnya.

Dalam dua tahun terakhir, PSSI memaksimalkan program FIFA Forward untuk pengembangan pelatih, wasit dan pemain muda.

Dalam masa transisi ini, PSSI terus melaksanakan pembenahan administrasi dan finansial secara internal. Sementara komunikasi secara intens senantiasa dilakukan oleh PSSI dengan perwakilan FIFA untuk daerah Asia Tenggara terkait jumlah dan kapan bantuan dana akan dikucurkan serta penggunaan yang tepat dan terukur untuk kepentingan audit dan pelaporan keuangan nantinya seperti yang telah disebutkan di dalam sirkuler tersebut.

”Bantuan yang diberikan nantinya akan dipergunakan secara tepat sasaran dan transparan untuk pelaksanaan program serta kelanjutan organisasi PSSI di tengah dampak pandemi Covid-19,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait