FOKUS

Gagalkan Penyelundupan, Kapolda Banten Lepas Kembali 90.000 Bibit Lobster ke Habitat

SERANG (tandaseru.id) – Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho melepas 90.000 bibit lobster ke habitatnya, Minggu (13/6). Bibit lobster itu setelah Polda Banten berhasil menggagalkan penyelundupan.

“Kami konsen terhadap pentingnya penyelamatan sumber daya hayati kelautan, sekaligus melaksanakan UU dan kebijakan Pemerintah untuk kepentingan masyarakat,” tegas Irjen Pol Rudy Heriyanto.

Bibit-bibit lobster sebanyak itu, kini telah serahkan dan dilepaskan ke habitatnya, bersama LPSPL Serang dan Stasiun Karantina Pengendalian mutu dan Keamanan Hasil Pangan (SKIPM) Merak.

Sementara itu, Kepala LPSPL (Loka pengelolaan sumber daya pesisir dan laut) Serang Syarif Iwan taruna Alkadrie mengatakan, hasil ungkap kasus tindak pidana penyeludupan bibit lobster melanggar UU Perikanan. Setiap benih lobster yang berhasil diselamatkan, akan dilepas-liarkan ke habitatnya di alam laut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ditpolairud Polda Banten yang telah memberantas penjualan benih lobster secara ilegal. Kami juga bersama tim dari Polda Banten akan lepas liarkan kembali benih lobster tersebut ke laut,” ujar Syarif Iwan.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengapresiasi atas pengungkapan Ditpolairud Polda Banten sebagai bagian dari upaya pelestarian sumber daya hayati kelautan.

Dia mengingatkan kepada masyarakat, penjualan bibit lobster harus dilengkapi dengan dokumen yang sah.

“Bibit lobster itu, dilindungi UU, adat aturan hukumnya, tanpa itu jelas ilegal,” Kombes Edy Sumardi mengingatkan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com