FOKUS

Gandeng Surabaya, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Akan Bangun Transportasi Umum by The Service

SURABAYA (tandaseru) – Kota Surabaya kedatangan tamu dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub), Kamis (22/10) untuk Penandatangan Nota Kesepakatan Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan antara Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RepublIk Indonesia dengan Pemerintah Kota Surabaya tentang Perencanaan Pembangunan dan Pengoperasian Angkutan Umum Perkotaan di Surabaya.

T

amu undangan disambut langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Sesaat setelah menerima tamu, Bu Risma memberikan sambutan untuk tamu undangan.

“Semua yang kita rencanakan, semua yang kita angan-angankan kemarin bubar karena Covid-19. Jadi Covid-19 ini membuat kami semua tidak bisa bergerak. Mimpi-mimpi semua yang sudah kita rencanakan semua berantakan karena adanya Covid-19. Semua alokasi anggaran kita arahkan disana meskipun sebetulnya Surabaya lebih beruntung karena banyak sekali warga dan perusahaan seluruh elemen masyarakat membantu kami dalam penanganan Covid-19” kata Bu Risma.

Lalu Wali Kota Surabaya ini menjelaskan bagaimana keadaan transportasi di Kota surabaya. Ia mengatakan bahwa transportasi umum itu harus aman apalagi ditengah pandemi seperti saat ini.

“Kita harus bisa mengubah perilaku, karena kalau kita tidak ubah perilaku tadi maka akan mengakibatkan dampaknya tadi. Nanti someday, Pemerintah harus membiayai lebih besar biaya untuk pengobatan, makanya saya sampaikan ke Dishub, bus itu harus aman, bus itu harus bersih, bus itu harus tepat waktu” terang Wali Kota Surabaya tersebut.

Selain itu Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi menyampikan kekagumannya kepada Wali Kota Surabaya ini, karena pengalamannya dibidang transportasi umum dan Budi Setiadi juga berharap suatu hari nanti Bu Risma bisa menjadi narasumber untuk pengembangan transportasi umum di Indonesia.

“Saya dari awal mendengarkan, kok bisa Bu Risma tau persis filosofi pembangunan transportasi umum ? Ternyata memang Ibu pernah ikut kursus dan kemudian juara 1 ya Bu. Saya ingin Ibu sharing tentang pengalaman ibu tadi tentang masalah angkutan umum di kota. Kota Surabaya ini adalah tahun kedua kami pilih dengan kota besar lain yang kami dedikasikan untuk pengembangan angkutan umum perkotaan di Indonesia” kata Budi Setiadi.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Budi Setiadi juga dikagetkan dengan padatnya kendaraan pribadi di saat perjalanan dari bandara hingga sampai di Balai Kota Surabaya.

“Dan saya tadi kaget juga Bu Risma dari bandara sampai sini, ternyata padatnya bukan main. Dan apa yang ibu sampaikan betul, masyarakat lebih seneng menggunakan sepeda motor dari pada mungkin menggunakan angkutan umum” lanjut Budi Setiadi.

Kemudian ia juga memberikan strategi bagaimana agar masyarakat mau menggunakan transportasi umum dari pada kendaraan pribadi. Budi Setiadi mengungkapkan jika sekarang ini transportasi umum perkotaan yang akan dibangun dengan filosofi by the service, karena bisa memperbaiki polusi udara, masalah kebisingan di kota-kota besar serta juga kemacetan dan bisa mengurangi subsidi BBM. Sebelum mengakhiri sambutan Budi Setiadi berharao agar Pemerintah juga bisa mendorong masyarakat agar bisa beralih ke transportasi umum

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait