FOKUS

Sering Main Smartphone? Ini 3 Gangguan Kesehatan yang Bisa Anda Alami

JAKARTA (tandaseru) Terlalu lama bermain smartphone ternyata dapat membahayakan kesehatan. Gangguan kesehatan akibat terlalu sering bermain smartphone bahkan bisa meningkatkan stress.

Laporan SUPR yang dirilis melalui studi Nielsen Informate Mobile Insight oleh Vserv menemukan bahwa sekitar 61 persen pengguna smartphone di Indonesia berusia kurang dari 30 tahun.

Sebuah studi menyatakan bahwa smartphone justru dapat meningkatkan stres karena sering membuat Anda merasa perlu untuk segera merespons setiap pesan yang masuk.

Ini dia beberapa hal yang dapat Anda alami jika terlalu banyak menggunakan smartphone

Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Phantom Vibration Syndrome

Pernah merasa ponsel bergetar atau mengira telepon berdering padahal sebenarnya tidak? Jika iya, Anda bisa saja mengalami phantom vibration syndrome.

Sebuah studi menemukan bahwa semakin cemas Anda untuk tetap terhubung melalui handphone, maka semakin besar kemungkinan Anda akan salah menafsirkan rasa gatal sebagai pemberitahuan adanya pesan atau panggilan masuk.

Studi tahun 2015 juga menemukan bahwa seseorang yang sedang melakukan aktivitas di saat handphone-nya berdering menjadi lebih sulit konsentrasi bahkan bisa meningkatkan kecemasan.

Nomofobia

Nomofobia merupakan suatu sindrom ketakutan jika tidak memegang handphone. Nah, apakah Anda pernah merasa takut jika smartphone ketinggalan? Jika iya, maka bisa saja Anda mengalami nomofobia.

Low Battery Anxiety

Apa yang Anda lakukan saat baterai handphone Anda sudah mencapai 15 persen? Biasa saja atau panik lalu mencari charger ataupun powerbank?

Jika jawaban Anda adalah panik, maka Anda bisa saja mengalami low battery anxiety alias kecemasan akibat low battery.

Nah, itu dia gangguan kesehatan akibat terlalu sering bermain smartphone. Jangan sampai kemajuan teknologi justru membuat Anda lupa bahwa sebenarnya teknologi ada untuk memudahkan manusia berkomunikasi, bukannya untuk membuat Anda ketergantungan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com