FOKUS

Gelapkan Sertifikat bermodus Jual Beli Rumah, Dua orang Wanita Ditangkap

Tandaseru – Subdit Harta dan Benda (Harda) Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap dua perempuan orang berinisial N dan W dalam kasus penipuan dengan modus jual beli tanah di wilayah Jakarta.

Keduanya menipu korban yang hendak menjual rumah di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Mei 2019. Korban menjual rumah tersebut seharga Rp 4,5 miliar.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan, tersangka W berpura-pura berperan sebagai pembeli yang berniat membeli rumah tersebut.

“Tersangka W berpura-pura mendatangi korban sebagai pembeli. Dia dengan berbagai cara dan komunikasi sehingga korban percaya. Dia bahkan memberikan down payment (uang muka) sebesar Rp 150 juta,” kata Argo dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (4/11).

Setelah tersangka W memberikan uang muka pembelian rumah, korban pun menyerahkan sertifikat hak milik (SHM) rumahnya.
Tersangka W pun menunjukkan rekannya yakni tersangka N sebagai notaris.

Padahal, tersangka N merupakan notaris yang berdomisili di Ciamjur, Jawa Barat. Seiring berjalannya waktu hingga Juli 2019, tersangka W tidak melunasi uang pembelian rumah itu.

“Berjalannya waktu saat jatuh tempo (pembayaran uang pembelian rumah), korban menanyakan kepada tersangka, namun tidak ada kabar. Ternyata sertifikat sudah dijaminkan ke pihak ketiga,” ujar Argo.

Oleh karena itu, korban langsung melaporkan kasus penipuan itu ke Polda Metro Jaya. Kedua tersangka dijerat Pasal 372 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara empat tahun.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait