Gelar Pelatihan Video Jurnalistik, Kapolda Lampung: Perkuat Kepercayaan Masyarakat kepada Polri

Tandaseru – Humas Polda Lampung menggelar pelatihan peningkatan kemampuan video jurnalistik Kepolisian yang diikuti anggota Bhabinkamtibmas dan pengemban fungsi Humas Polda Lampung serta jajarannya pada Selasa (12/11).

Peserta pelatihan berjumlah 100 orang, terdiri dari Babinkamtibmas jajaran sejumlah 48 personel, Kasubag Humas dan PID Jajaran Polda Lampung 24 Personel, oprator PID Satker 28 personel. Narasumber pelatihan yakni Syafurrahman Al-Banjary SH,M.Si dan Suryadi S.Pd, M.Si.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung selama 2 hari ini dibuka Langsung oleh Kapolda Lampung Irjen Pol, Drs, Purwadi Arianto MSi serta para pejabat utama dan Pamen Polda Lampung.

Dalam sambutannya, Kapolda Lampung mengatakan Polri sebagai salah satu institusi pemerintah juga telah membuat grand strategy 2005-2025 mencakup tiga tahapan, yakni Tahap 1 Membangun Kepercayaan (Trust Building), Tahap II Membangun Kemitraan (Partnership Building), dan Tahap III Menuju Organisasi Unggulan (Strange for Excellence).

Dia berpesan kepada peserta pelatihan agar menjadikan kemajuan teknologi informasi dan memberdayakan sumber daya yang dimiliki sebagai kekuatan untuk memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Tingkatkan terus hubungan kemitraan dan kerja sama yang saling menguntungkan dengan semua lapisan masyarakat, terutama dengan kalangan pers dan instansi terkait lainya,” kata Kapolda.

Para peserta pelatihan juga diminta mampu merespons dengan baik tentang kewajiban memberikan informasi kepada masyarakat atau pemohon informasi, selain informasi yang dikecualikan,

“Sebab baik buruknya dalam pelayanan informasi akan mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan tentunya akan berakibat pada terjadinya sengketa informasi. Jalin juga kemitraan bersama media masa, baik cetak, elektronik, maupun online, dalam rangka penyebaran/diseminasi informasi kepada seluruh stakeholder guna peningkatan opini positif,” ujarnya.

Selain itu, Irjen Purwadi meminta anggotanya untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam pengemban fungsi kehumasan dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan, seperti publik speaking kehumasan jurnalistik informasi serta hukum terkait pers.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, pelatihan tersebut dimaksudkan untuk menambah kemampuan personel dalam pembentukan opini publik untuk membangun kepercayaan publik terhadap Kepolisian.

“Kegiatan ini agar SDM Bhabinkamtibmas dan pengemban Humas Polri lebih profesional dalam mengelola dan menyajikan informasi secara cepat dan tepat, akurat dan terpercaya kepada masyarakat,” katanya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait