FOKUS

Gelar Perkara Kasus Kebakaran Lapas Tangerang Usai, Polda Metro Akan Umumkan Hasilnya Siang Ini

JAKARTA (tandaseru.id) – Penyidik Polda Metro Jaya rencananya akan mengumumkan hasil gelar perkara lanjutan dalam kasus kebakaran Lapas Klas I Tangerang pada Rabu (29/9).

Gelar perkara ini dilakukan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk menentukan apakah adanya tersangka baru dalam persangkaan pasal 187 dan 188 KUHP.

“Iya umumkan hasil gelar perkara (kasus kebakaran Lapas Klas I Tangerang) jam 11.00,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada Tandaseru.id, Rabu (29/9).

Meski begitu, Yusri belum menjelaskan lebih rinci apakah penyidik sudah menetapkan tersangka baru dalam kasus ini.

Diketahui, Lapas Klas I Tangerang ludes dilalap si jago merah pada Rabu (8/9) sekitar pukul 01.45 WIB. Dalam hal ini, total 49 orang penghuni tahanan tewas.

Selain korban jiwa, ada juga puluhan penghuni Lapas yang mendapatkan luka-luka akibat kebakaran tersebut.

Dari hasil penyelidikan, polisi akhirnya menaikan status kasus kebakaran yang diduga akibat konsleting listrik ini dari penyelidikan ke penyidikan.

Sejauh ini, penyidik telah menetapkan tiga orang tersangka. Ketiganya merupakan pegawai Lapas berinisial RU, S dan Y.

“Ada tiga tersangka, semuanya ini adalah petugas Lapas,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus Senin (20/9) lalu.

Ketiga tersangka ini dijerat dengan Pasal 359 KUHP. Pasal 359 KUHP itu sendiri berbunyi; Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun.

Penetapan tersangka terhadap ketiganya dilakukan usai penyidik melaksanakan gelar perkara. Selain itu juga merujuk pada tiga alat bukti dan hasil pemeriksaan terhadap 53 saksi.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com