FOKUS

Gerakan #IndonesiaBicaraBaik Ajak Masyarakat Sebarkan Informasi Positif

JAKARTA (tandaseru) –Talkshow Nasional Is Me Goes to Campus kembali digelar secara live Persada dan Heartline 100.6 Fm Karawaci.Talkshow kali ini membahas tema “Indonesia Bicara Baik dengan menghadirkan narasumber utama Agung Laksamana selaku Ketua Perhumas dan Wakil Ketua Umum APKI, Senin (24/8).

Talkshow ini digagas oleh Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum, bekerja sama dengan Yayasan Bentang Merah Putih dan komunitas Nasionalisme Radikal (NAKAL).

Diskusi kali ini menitikberatkan pada gerakan #IndonesiaBicaraBaik yang diinisiasi oleh Perhumas. Gerakan ini bertujuan mengajak segenap elemen masyarakat untuk membangkitkan optimisme Indonesia, ajakan untuk berubah dari positif ke negatif, dari hoaks ke fakta, dari kemarahan ke kesabaran.

Perhumas sendiri adalah organisasi profesi para praktisi Humas dan Komunikasi Indonesia yang didirikan pada tanggal 15 Desember 1972. Perhumas bertujuan meningkatkan keterampilan professional, memperluas dan memperdalam pengetahuan, meningkatkan kontak dan pertukaran pengalaman antara anggota serta berhubungan dengan organisasi serumpun di dalam dan luar negeri.

Peran dan fungsi hubungan masyarakat atau public relations dalam penyebaran informasi sangatlah dominan di tengah masyarakat. Kita ketahui di Indonesia informasi yang memuat konten sensasi dan negative lebih mudah mendapatkan perhatian di masyarakat.

”Banyak Konten positif dan prestasi bangsa, mulai dari aspek ekonomi, pariwisata, kesenian dan lain sebagainya namun tidak diketahui oleh masyarakat, mengapa? Karena menurut data ada sekitar 47.000 media di Indonesia, kemudian kita bersaing dengan berbagai media itu untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat dan Ini merupakan tantangan dari humas,” ujar Agung.

Diketahui berdasarkan proyeksi Standard Chartered Indonesia akan menjadi negara super power pada tahun 2030 di bidang ekonomi, jadi saat ini adalah saat yang tepat bagi kita generasi milenial untuk meningkatkan kualitas diri untuk menyambutnya.

“Humas memiliki peran penting dalam meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia, sejatinya kita adalah humas bagi diri kita, institusi, lembaga, dan negara kita Indonesia. Dengan kata lain, kita harus berbicara baik, menyuarakan hal-hal baik dan positif tidak hanya di lingkup Indonesia, tetapi juga di kancah global,” ujar Agung..

Bagaimana agar pesan yang kita sampaikan bisa efektif?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait