FOKUS

Gojek Dapat Lampu Hijau Mengaspal di Malaysia

Tandaseru – Pemerintah Malaysia memberi lampu hijau untuk Gojek beroperasi di negaranya. Hal ini masih akan ditinjau lebih dalam dari segi hukum sebelum izin operasionalnya diberikan.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Abdul Rahman yang diunggahnya dalam akun Twitter pribadinya @SyedSaddiq.

Berdiri sejak 2011, Gojek berkembang menjadi super app yang menyediakan banyak layanan, seperti layanan ojek online, pesan antar makanan, pengataran barang, jasa bersih-bersih rumah, hingga perawatan kecantikan dan kesehatan.

Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Transportasi akan bertanggung jawab terkait hukum yang akan dibuat sebagai landasan izin operasional Gojek.

Menteri Pengembangan Entrepreneur Malaysia, Mohd Redzuan Yusof mengatakan aturan-aturan yang dibuat akan mengatur bagaimana aplikasi Gojek dapat beroperasi, serta mencegah terjadinya monopoli pasar.

“Kami ingin memastikan apa pun yang kami terapkan untuk mengembangkan ekonomi bagi kaum muda kami, itu tidak melanggar hukum,” ujar Mohd Redzuan Yusof seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (24/8).

Sebelumnya, Senin (19/8) lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga Syed Saddiq Syed Abdul Rahman berhasil mempertemukan pendiri dan CEO Gojek, Nadiem Makarim dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Dua hari setelah pertemuan dengan Kabinet Malaysia, Gojek berhasil mendapatkan lampu hijau untuk beroperasi.

Melalui postingan Twitter pribadinya @SyedSaddiq menyebutkan pertemuan Gojek di Malaysia untuk menciptakan ribuan peluang bagi pemiliki bisnis kecil dan menengah, serta menciptakan opsi transportasi berbiaya murah.

Berbagai respon diberikan netizen menanggapi kabar ini, antara lain dikutip dari Free Malaysia Today melaporkan, pendiri Big Blue Taxi Service, Shamsubahrin Ismail akan menggelar protes kepada pemerintah Malaysia jika proposal tersebut disetujui.

Menurutnya, menjadi driver layanan ride sharing bukanlah karir yang baik bagi anak-anak muda. Anak-anak muda pantas mendapatkan peluang yang lebih baik.

Sebagian netizen lainnya mempertanyakan, mengapa Gojek diberikan lampu hijau, sementara sebelumnya startup ride sharing lokal bernama Dego Ride, pernah dilarang beroperasi oleh Pemerintah Malaysia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait