FOKUS

Gotong Royong Menyikapi Dinamika Sosial Pandemi Covid-19

JAKARTA tandaseru) – Wabah virus corona atau Covid-19 masih menjadi pandemi di berbagai belahan dunia. Jumlah pasien yang terinfeksi pun kian meningkat, untuk itu diperlukan upaya gotong royong dalam menekan penyebaran laju virus corona.

Jika melihat data positif Covid-19 dari BNPB, dari hari kehari kecenderungannya terus meningkat signifikan. Imbauan untuk menjaga jarak, dan bekerja dari rumah mungkin belum maksimal dilakukan.

Menurut Aris Heru Utomo selaku Direktur Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP mengatakan minimnya kepedulian dan abainya masyarakat terkait isu Covid-19 ini menjadi hal yang paling berat dalam meredakan penyebaran Covid-19.

“Terutama anak muda yang beranggapan dirinya masih sehat, tapi justru mereka yang memiliki kemungkinan besar menjadi carrier corona yang bisa menyebarluaskan ke orang lain. Ini yang masih harus kita ingatkan,”ujar Aris Heru Utomo dalam talkshow Nasional Is Me yang digelar secara live di Heartline 100.6 Fm Karawaci, Senin (30/3).

Lebih lanjut, Dia juga mengajak peran orang tua dalam mengingatkan bahayanya Covid-19 kepada anggota keluarga, agar saling menjaga dan membatasi diri selama 2-3 minggu ke depan agar kondisi Indonesia menjadi lebih baik.

“Permasalahannya ketika korban yang terpapar virus corona ini terjadi bersamaan adalah keterbatasan tempat dan tenaga medis yang akan merawat mereka ini kan yang jadi masalah,” imbuhnya.

Upaya pencegahan virus corona, juga tak bisa dipungkiri dari banyaknya faktor, seperti salah satunya ekonomi yang menyebabkan sebagian masyarakat masih mengharuskan kerja diluar rumah.

(tandaseru.id/Dimas)

Aplikasi gotong royong di pandemi Covid-19

Gotong royong telah menjadi nilai kental yang ada di jiwa masyarakat Indonesia. Banyak sekali nilai-nilai leluhur yang dapat diaplikasikan di kehidupan nyata.

Adapun istilah gotong royong yang terus digali Bung Karno merupakan hasil nilai-nilai Pancasila yang sudah ada di masyarakat sebagai kearifan lokal yang terus hidup di masyarakat Indonesia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait