FOKUS

Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Kelas Menengah Ke Atas Beli Produk UMKM

JEMBER (tandaseru) – Pandemi Covid-19 berdampak pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengajak masyarakat khususnya bagi kalangan menengah ke atas untuk membeli produk UMKM.

“Setiap kami sambang daerah, selalu salah satu destinasi kita adalah mengunjungi UMKM. Kami berharap kelas menengah belanjalah produk UMKM lokal,” ajak Khofifah usai gowes bareng dan penyerahan bantuan sosial pada masyarakat di Kantor Bank Indonesia Jember, Minggu (15/11).

“UMKM yang perlu bantalan ekonomi ya harus kita support, sehingga, pergerakan ekonomi di tingkat lokal bisa terus bergulir,” lanjutnya.

Di masa pandemi ini, kata dia, ketika ingin ekonomi bergerak, maka pakai masker juga menjadi wajib. Selain itu, tetap jaga jarak dan selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Mantan Menteri Sosial itu menjelaskan, bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan juga diharapkannya dapat membantu modal usaha UMKM. “Dari BRI, BNI, dan Mandiri memberikan bantuan KUR. Ini akan sangat membantu UMKM kita agar mampu bertahan dan berkembang di tengah pandemi saat ini,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, sertifikat tanah warga yang juga diserahkan pihak BPN, jika diperlukan, maka bisa diagunkan pada perbankan. “Sertifikat bisa diagunkan pada bank, namun harus untuk usaha produktif. Untuk itu, kami ajak perwakilan perbankan juga agar bisa membantu warga,” ujarnya.

Saat di Jember, Khofifah juga menyempatkan diri di tengah kegiatan gowes mengunjungi UMKM. Ia meninjau langsung produksi oleh-oleh khas Jember di UMKM Purnomo Jati.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com