FOKUS

Gubernur Khofifah Berbuka Puasa Bersama Pilar Sosial Jatim

SURABAYA (tandaseru) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, melaksanakan buka puasa bersama dengan pilar sosial seperti Tagana (Taruna Siaga Bencana), TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) dan pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) di belakang Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (2/5).

Dalam kegiatan itu, Gubernur Khofifah menyampaikan agar para relawanan tetap berjuang dan berbuat untuk masyarakat, seperti yang dilakukan pilar pilar sosial seperti Tagana, TKSK dan Pendamping PKH.
Gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih kepada Tagana yang  sangat luar biasa dalam membantu di setiap penanganan kebencanaan.
“Mudah mudahan tetap tegar, komitmennya luar biasa, tekadnya luar biasa, dan dedikasinya luar biasa,” ujar Khofifah.
Dikatakannya, tidak ada sesuatu  yang tidak tercatat dalam setiap amalan. “Ada hadist Qudsi, siapa yang melayani atau membantu menolong orang maka Allah akan selalu menolong kita. Maka yakini, kalau kita menolong maka Allah akan selalu menolong,” katanya.
Khofifah juga mengatakan, TKSK sangat luar biasa dalam melaksanakan tugasnya melayani masyarakat. “Keiklasan teman teman ini semua sudah terbukti luar biasa,” tambahnya.
Begitu juga dengan pendamping PKH, acap kali disampaikan pentingnya protokol kesehatan dan harus berjalan dengan baik. Sesungguhnya pendamping PKH itu  memiliki kesempatan dan peluang luar biasa untuk turut didalamnya.
“Jadi pilar pilar sosial yang luar biasa ini akan menjadi penguatan kita untuk meningkatkan efektifitas seluruh pembangunan yang dilakukan di lini manapun, baik tingkat desa, kecamatan, kabupaten kota, provinsi, dan kalau Tagana itu sampai lintas provinsi,” katanya.
Untuk itu, lanjut Khofifah, pentingnya selalu membangun sinergitas pilar pilar sosial yang didalamnya selalu ada  upaya transendental (menunjukkan hal hal bersifat kerohanian,red).
“Yakini Allah selalu membantu, kalau kita benar benar menolong dan membantu melayani orang lain, seperti didalam hadist qudsi,” katanya lagi.
Disisi lain, Khofifah juga mengatakan, dalam kegiatan yang diselenggarakan di open space lebih sehat. “Semoga Allah selalu memberikan kesehatan baik lahir dan batin bagi kita semuanya,” katanya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Alwi  mengatakan, kegiatan silaturahmi ini memberikan kebahagiaan bersama saat berbuka puasa dengan Gubernur Jatim.
“Saat ini TKSK sedang meningkatkan jangkauan Jatim Sosial Care, Tagana fokus Dapur Umum terkait PMI di Asrama Haji, dan pendamping PKH konsentrasi pemadanan data DTKS di masing masing daerah. “Dalam waktu dekat, dari arahan Gubernur, Tagana dan pendamping PKH juga diberikan bantuan yang sama seperti TKSK untuk mempercepat gerak melayani masyarakat,” ujarnya.
Sementara Koordinator Tagana Jatim, Twi Adi mengatakan, pilar pilar sosial selalu mendukung dan ingin mengabdikan diri bersama untuk kepentingan masyarakat dibawah bimbingan Gubernur Jatim. “Pilar pilar sosial lebih semangat dan sigap dalam menyikapi permasalahan kesejahteran sosial bisa terbantu,” ujarnya.
Selain TKSK yang kini bisa menjangkau wilayah dengan bantuan transportasi dari Gubernur Jatim, kini Tagana Jatim dan pendamping PKH berharap Gubernur juga memberikan upaya bantuan yang sama agar kinerja mereka lebih cepat dalam melayani masyarakat.
Buka bersama ini juga dihadiri beberapa kepala dinas seperti Kadis Pemberdayaan Masyarakat, Kadis Pemuda dan Olahraga dan BPBD, serta beberapa janda dari kru Nanggala 402 yang meninggal dalam bertugas.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com