FOKUS

Gunung Tangkuban Parahu Kembali Erupsi

Tandaseru – Gunung Tangkuban Parahu kembali erupsi, Jumat (2/8) pagi ini, Erupsi juga terjadi tadi malam masing-masing pada pukul 20.07 WIB, 21.11 WIB dan 21.28 WIB, Kamis (1/8).

Hasil rekaman seismograf tercatat 4 kali gempa Letusan, 255 kali gempa hembusan, 4 kali gempa vulkanik dangkal, tremor terus-menerus dengan amplitudo dominan 20 mm.

Berdasarkan hasil pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), kolom abu tercatat mencapai ketinggian 100-180 meter dari dasar kawah dan condong ke arah utara dan timur. Suara gemuruh terdengar dan sebagian material letusan jatuh kembali ke dalam kawah.

Erupsi kembali terjadi masing-masing pada pukul 00.06 WIB, 03.57 WIB dan 06.07 WIB, Jumat (2/8) dengan tekanan sedang dan kolom abu bergerak ke arah Barat Laut. Melalui rekaman seismograf tercatat 1 kali tremor letusan selama kurang lebih 2 jam.

Berdasarkan hasil analisa data visual dan instrumental serta potensi ancaman bahayanya, maka disimpulkan tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu meningkat menjadi Level II (Waspada). Tingkat aktivitas tersebut dapat dievaluasi kembali sesuai dengan adanya potensi perubahan tingkat ancaman/bahaya aktivitas vulkanik.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait