FOKUS

Hadapi Covid-19, Mendagri: Pemda Bisa Gunakan APBD Bantu Masyarakat dan UMKM

JAKARTA (tandaseru) – Menteri Dalam Negeri Prof. H. M Tito Karnavian Ph.D mengatakan pemerintah daerah dapat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menghadapi wabah virus corona (Covid-19).

“Untuk itu itu, pemda dapat memanfaatkan dana tersebut untuk kepentingan ekonomi masyarakat hingga peralatan kesehatan,” ujar Tito saat jumpa pers di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (16/3).

Dia mengatakan Mendagri bersama Menteri Keuangan pada Minggu (15/3) sudah mengeluarkan dua aturan terkait dengan visi remunerasi APBD, yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Mendagri Nomor 20 Tahun 2020,.

Intinya adalah dapat melaksanakan visi remunerasi, relokasi APBD dengan fokus meningkatkan kapasitas di bidang kesehatan, baik dalam rangka peningkatan kapasitas rumah sakit standar situasi Covid-19 dan juga kampanye pencegahan.

Tito juga meminta kepala daerah memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu. Bantuan itu diberikan oleh Kementerian Sosial.

Selain itu, Tito meminta pemda memberikan bantuan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar usaha tersebut tetap berjalan.

“Membantu dunia usaha agar ekonomi kita tetap bergerak, berjalan. Terutama pada pengusaha UMKM dan pengusaha mikro untuk membantu menyediakan bantuan lainnya sehingga usahanya tetap bisa berjalan dan bisa menggerakkan roda ekonomi di daerah masing-masing,” jelas Tito.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait