FOKUS

Hagia Sophia Resmi Jadi Masjid, Erdogan Jamin Tak Bakal Hapus Ikon Kristiani

ANKARA (Tandaseru) – Turki menyambut keputusan pengadilan yang mengabulkan rencana pengubahan fungsi bangunan Hagia Sophia menjadi masjid.

Namun demikian, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memastikan ikon Kristen yang ada di dalam bangunan Hagia Sohia tak akan diubah atau dihapuskan.

“Karena status museum telah berubah, kami membatalkan biaya masuk. Seperti masjid lainnya, pintu akan terbuka untuk semua orang. Dengan status yang baru, Hagia Sophia akan merangkul semua orang dengan lebih tulus,” kata Edrogan seperti dilansir dari CNN pada Minggu (12/7).

Keputusan tersebut menjadi jaminan Pemerintah Turki bahwa keputusan tersebuttidak membuatnya menjadi eksklusif untuk umat muslim. Katanya, gedung warisan dunia ini akan terbuka untuk seluruh kalangan baik muslim dan non-muslim.

Seperti diketahui, meski diprotes dunia, namun Edrogan menyebut keputusan ada di tangannya mengingat Hagia Sophia merupakan hak kedaulatan Turki.

Keputusan Edrogan menuai opini internasional. Salah satunya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengaku kecewa atas keputusan Erdogan mengubah Hagia Sophia sebagai masjid.

Selain AS, sejumlah pihak seperti Badan Pendidikan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), Rusia, dan Yunani juga turut menyesalkan perubahan status Hagia Sophia menjadi masjid.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait