FOKUS

Hari Batik Nasional, Inilah 5 Motif Batik Paling Populer

Tandaseru – Perayaan Hari Batik Nasional berawal dari ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Pada momen batik ini, mari kita mengenal beberapa motif batik yang paling dikenal masyarakat dari berbagai kalangan.

Kita tentu akan melihat kembali momen batik menjadi wasta Nusantara kebanggaan Indonesia. oleh.

Kini, beragam lapisan masyarakat semakin menyukai batik, lihat saja pada saat menghadiri acara formal maupun non formal. Batik seakan sudah melekat dalam fashion di Indonesia.

Namun, sudah tahu belum motif-motif batik yang paling populer? Yuk, lestarikan warisan leluhur ini. Salah satu dengan mengenal ragam motif batik nusantara.

Motif Batik Sekar Jagad

Sekar Jagad memiliki arti keindahan yang membuat orang terpesona saat melihatnya. Motif ini berasal Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bahkan, ada yang menyebutnya sebagai peta dunia karena motifnya yang mirip kumpulan pulau.

Motif Batik Mega Mendung

Motif berbentuk awan ini biasanya diperkaya dengan warna-warna gelap, seperti merah tua, biru tua, dan hijau tua.

Motif ini perlambang dari masyarakat Cirebon di daerah pesisir yang memiliki sifat lugas dan terbuka. Motif Batik Mega Mendung dipercaya sebagai akulturasi kebudayaan Tiongkok dan Jawa Barat.

Motif Batik Parang

Salah satu motif batik paling tua di Indonesia memiliki motif berupa sebuah susunan yang membentuk seperti huruf S dan saling terkait.

Motif Ini melambangkan sebuah kesinambungan. Motif batik Parang sudah ada sejak zaman Keraton Mataram Kartasura.

Motif Batik Parang menjadi pedoman utama dalam menentukan derajat kebangsawanan seseorang. Zaman dahulu, motif Parang hanya boleh dipakai oleh raja dan keturunannya.

Motif Batik Sidomukti

Batik bermotif Sidomukti biasanya dikenakan oleh pengantin. Batik ini memilki makna kebaikan, mengisyaratkan doa-doa, dan harapan yang baik.

Motif Batik Kawung

Motif batik yang satu ini melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal usulnya. Zaman dahulu, motif ini dikenakan oleh kalangan pejabat kerajaan.

Ditujukan agar seorang pemimpin mampu mengendalikan hawa nafsu serta menjaga hati nurani demi kehidupannya seimbang.

Nah, demikian beberapa motif-motif batik yang paling populer di kalangan masyarakat untuk menyemarakkan momen Hari Batik Nasional.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com