FOKUS

Hati-Hati! Kendaraan Masuk Jalur Sepeda Akan Ditilang dan Denda Rp 500 Ribu

Tandaseru – Mulai hari ini, Jumat (22/11) pengendara sepeda motor dan mobil akan diberikan sanksi tilang jika menerobos dan memarkirkan di jalur sepeda.

“Mulai hari ini (penindakan) peraturannya Pergub Nomor 128 tahun 2019 tentang penetapan jalur sepeda. Sudah diundangkan,” kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (22/11).

Sanksi yang diberikan kepada pelanggaran jalur sepeda ada beberapa macam. Yakni baik sepeda motor atau kendaraan roda empat atau lebih dijerat dengaj pasal 284 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas. Ancaman hukumannya yakni kurungan 2 bulan atau denda maksimal Rp 500 ribu.

“Bagi kendaraan bermotor roda dua dan roda 4 yang parkir di jalur sepeda, ini akan kita lakukan penderekan atau sepeda motor kita pindahkan, kemudian diancam membayar retribusi sesuai dengan perda DKI,” tegas Syafrin.

Nilai retribusi itu yakni sepeda motor sebesar Rp 250 ribu per hari. Dan roda 4 atau lebih Rp 500 ribu per hari. Angka tersebut berlaku akumulatif, atau akan terus berkali lipat apabila denda tak kunjung dibayarkan.

Sementara itu, untuk sistem penindakan maupun pengawssan, Dishub akan bekerjasama dengan kepolisian. Penindakan dibagi dalam dua cara. Pertama statis, di mana petugas akan disiagakan sesuai jadwal kerja. Dan kedua yaitu bersifat mobile.

“Jadi akan akan tim lintas jaya Dishub bersama Polda Metro Jaya dan TNI akan mobile dan melakukan pemantauan terhadap operasional jalur sepeda,” pungkas Syafrin.

Diketahui, ada 3 fase jalur sepeda yang dibangun oleh pemprov DKI. Fase pertama yakni meliputi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka dan Jalan Pemuda.

Untuk fase dua dari Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan RS Fatmawati Raya. Sedangkan Fase tiga dari Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait