FOKUS

Hebat dan Keren, Mentan: Meski Pandemi Sektor Pertanian Tumbuh Melejit

JAKARTA (tandaseru.id)- Pertanian hebat, pertanian keren, itu disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada forum webinar yang digelar oleh Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI), Sabtu (11/09).

Dibuka langsung oleh Bahtiar, Dirjen Pol dan PUM Kemendagri, sekaligus Ketua Umum MIPI, acara ini diselenggarakan secara virtual zoom dan disiarkan secara live streaming di Youtube Channel Masayarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia.

Istimewa

Tema pada webinar kali ini adalah Inovasi pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan dibidang pertanian dan peternakan di masa pandemi covid-19.

Menurut Syahrul Yasin Limpo untuk menjawab tantangan ini ada tiga hal yang harus dilakukan.

“Negara kita adalah negara besar bukan negara ecek ecek, sebagai seorang pejabat kita harus bisa memainkan peran, kemana pemerintahan ini akan di arahkan, jangan sampai hanya menghabiskan periode jabatan saja,” ujar Syahrul Yasin Limpo.

Selanjutnya, setelah mengantongi arah dan harapan, menurut dia pemerintahan harus bisa melakukan pendekatan dari berbagai aspek untuk melaksanakan program yang direncanakan, seperti aspek teknologi digital karena bila tidak bisa mengikutinya kita akan kehilangan tujuan yang kita ingin capai.

“Terakhir berkaitan dengan etika, kepribadian, dan kepemimpinan yang bisa membawa konsistensi dan energi untuk meraihnya,” lanjutnya.

Istimewa

Indonesia adalah negara tropis dengan berbagai kekayaan yang menjadi kekuatan untuk menunjang pertanian tumbuh dengan baik, untuk mencapai tujuan negara yang kuat dan mandiri salah satu pilihan utamanya adalah pada sektor pertanian.

Pertanian merupakan sektor yang langsung menyentuh kepada masyarakat, di dalamnya ada lapangan kerja, makanan yang bergizi yang menjadikan masyarakat sehat. Kita punya semua kekuatan untuk menjadi negara yang kuat, pertanian adalah solusinya.

“Pada tahun 2020 sektor pertanian bahkan melejit petumbuhanya 16,4% meski di dalam masa pandemi , ekspor pun naik 15,79%, sedikit berlebih ini hanya bisa dicapai dizaman orde baru, tapi kita bisa kan? lawan dikitlah,” tegasnya.

istimewa

Syahrul Yasin Limpo menerangkan banyak komoditi pertanian dari Indonesia yang negara lain butuhkan, bahkan sarang semut dari Papua pun laku untuk diekspor, artinya banyak uang baru yang bisa kita hasilkan dari pertanian ini.

“Bila kita memiliki tekad dan semangat yang kuat sungguh ini lebih penting dibandikan uang dan peralatan, Januari hingga Juli 2021 nilai eskpor kami naik menjadi 38,18%, maka dari itulah semua bisa kita raih karena kita negara yang memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi kuat,” pungkasnya.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com