FOKUS

5 Hewan yang Memiliki Warna Darah Selain merah, Apa Saja?

Tandaseru – Warna darah sangat identik dengan merah, baik itu darah manusia maupun hewan. Namun, ada beberapa hewan warna darahnya bukan merah melainkan ada yang berwarna ungu, hijau, putih, bahkan biru.

Walaupun manusia memiliki sel darah putih, namun saat manusia berdarah yang keluar tetaplah darah yang berwarna merah, bukan darah putih.

Tidak seperti manusia, justru darah para hewan ini bukan merah. Baik saat masih di dalam tubuhnya atau diluar tubuhnya. Hewan apa sajakah itu?

Hewan warna darahnya bukan merah tetapi warna biru

Dikalangan manusia ada istilah “darah biru” yang ditujukkan untuk para kaum bangsawan. Namun untuk kalajengking, laba-laba, dan kepiting sepatu kuda, darah mereka benar-benar berwarna biru.

Didalam darahnya terkandung hemocyanin atau sejenis protein yang mengandung atom tembaga dan berfungsi mengikat atom oksigen sehingga jumlah oksigennya dalam jumlah yang sama.

Hemocyanin yang tinggi meyebabkan darah ketiga hewan ini berwarna biru.

Hewan dengan warna darah ungu

Hewan yang memiliki darah berwana ungu adalah cacing kacang (peanut worm) dan braciopods (sejenis kerang).

Warna ungunya berasal dari protein hemerythrin atau sejenis protein yang bertugas untuk membawa oksigen di dalam tubuh.

Selain berfungsi sebagai pengantar oksigen, hemerythrin juga bertugas membantu cacing saat tubuhnya terputus untuk beregenarasi dan membantu kedua hewan laut ini untuk melawan infeksi.

Hewan dengan warna darah hijau

Biasanya hewan yang memiliki darah berwarna hijau adalah sejenis kadal dan cacing. Seperti lintah, kadal, dan ulat tanduk tembakau (tobacco horn worm). Warna hijau ini didapatkan dari pigment yang bernama biliverdin.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait