FOKUS

Menko Polhukam: HTI Mengancam Kedaulatan Negara

JAKARTA (!) – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan ideologi khilafah dikenal sebagai paham yang memiliki orientasi untuk mendirikan pemerintahan Islam dan kegiatannya mengancam kedaulatan negara.

Karena itu, kata Wiranto pemerintah mengambil upaya hukum untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). “Aktivitas HTI nyata-nyata mengancam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Gerakan politik mereka di lapangan, yang mengusung ideologi khilafah jadi penyebabnya,” kata dia di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (12/5).

Jika paham khilafah ini terus berkembang, lanjutnya, pemerintah Indonesia yang sah serta NKRI dapat hilang dan diubah dengan pemerintahan agamais. “Indonesia bukan merupakan bagian dari khilafah itu. Indonesia adalah negara yang dijalankan berdasarkan Pancasila dan UUD 45,” katanya.

Sebelumnya, Menko Polhukam mengatakan pemerintah akan mengambil upaya hukum untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

“Jadi penjelasan konkretnya seperti itu. Ini agar masyarakat tidak bingung tentang kenapa pemerintah ingin membubarkan HTI. Mereka mengancam keberadaan bangsa dan negara kita,” kata mantan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tersebut.

“Nanti, terkait ini (pembubaran) akan ada proses pengajuan kepada satu lembaga peradilan hukum. Jadi pemerintah tidak akan sewenang-wenang, tetapi tetap mengacu pada hukum yang berlaku di Indonesia,” ungkap Wiranto.(antara/arh)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait