FOKUS

HUT ke-69, Kapolri Ungkap Berbagai Keberhasilan dan Tantangan Korpolairud

Tandaseru – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengungkapkan kebanggaannya terhadap Kesatuan Korpolairud dan mengucapkan selamat ulang tahun ke-69 kepada 7.795 personel Polairud di mana sedang bertugas.

“Semoga Polairud semakin profesional, unggul, modern, serta senantiasa menjadi kebanggaan bagi masyarakat, bangsa, dan negara”, ucap Kapolri pada upacara peringatan HUT ke-69 Korpolairud 2019, di Lapangan Upacara Direktorat Kepolisian Udara Pondok Cabe, Pamulang,Tangerang Selatan Rabu, (4/12).

Dia mengatakan berbagai capaian prestasi baik dalam hal penegakan hukum, pemeliharaan kamtibmas, maupun perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat telah membanggakan Kepolisian.

Kapolri menyebutkan Polairud memiliki peran penting dalam pemberantasan berbagai kejahatan, seperti illegal fishing, penyelundupan narkotika, perdagangan manusia, serta kejahatan lainnya.

Polairud katanya juga berhasil dalam mendukung pengamanan agenda nasional Pilpres dan Pileg serentak tahun 2019, pemadaman kebakaran hutan dan lahan, serta mendukung berbagai operasi Kepolisian, seperti Operasi Tinombala di Poso dan Operasi Nemangkawi di Papua.

Kapolri menjelaskan peran aktif Polairud dalam bidang kemanusiaan, seperti membantu pergeseran pasukan dan dukungan logistik yang bersifat segera dan darurat, melakukan Search and Rescue (SAR) dalam berbagai bencana alam dan musibah kecelakaan, serta mengevakuasi masyarakat korban kerusuhan di Wamena Papua telah menjadikan Polri semakin dicintai oleh masyarakat. Tegas Kapolri

“Atas berbagai capaian tersebut, pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan kepada seluruh personel Polairud dan para senior pendahulu atas dedikasi dan pengorbanan yang diberikan dalam mengembangkan dan memajukan institusi Polri khususnya Korpolairud”, lanjutnya.

Idham Azis mengungkapkan tantangan Polri ke depan semakin kompleks. Terdapat beberapa agenda nasional yang harus dikawal, keberlanjutan berbagai Operasi Khusus Kepolisian, dan antisipasi kejadian kontinjensi lainnya, seperti bencana alam dan konflik sosial yang harus dapat segera ditanggulangi.

Maka berkaitan dengan hal tersebut, katanya berbagai upaya pemenuhan sarana prasarana juga terus dilakukan guna mendukung Polri dalam menjaga stabilitas keamanan dalam negeri.

Sepanjang tahun 2019, Polairud telah mendapat penambahan 8 armada Kapal Polisi dan 1 unit Helikopter Bell 429, di samping itu juga merencanakan penambahan kapal patroli cepat dan helikopter angkut.

“Dengan adanya penambahan sarana tersebut, diharapkan eksistensi Polairud semakin dirasakan masyarakat maupun institusi Polri”, tutur Kapolri.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait