FOKUS

Imbau Hibahkan CSR, Mendagri Tito Ajak Perusahaan Bangun Solidaritas untuk Korban Banjir

JAKARTA (Tandaseru) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengajak sejumlah perusahaan untuk turut membangun solidaritas kepada korban banjir yang melanda Jabodetabek.

Imbauan tersebut disampaikan mantan Kapolri itu saat meninjau lokasi bencana banjir di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/1). Tito menilai bentuk solidaritas tersebut bisa diwujudkan perusahaan dengan menghibahkan dana CSR (coorporate social responsibility) kepada para korban banjir.

“Semua kita sudah gerak, termasuk terjun langsung ke masyarakat. Mungkin perusahaan-perusahaan yang punya CSR saatnya membantu masyarakat yang tertimpa musibah,” ujar Tito kepada wartawan di sela peninjauan.

Menurutnya, pemerintah dalam hal ini hanya dalam kapasitas sebagai pihak yang mengoordinasikan. Eksekutor bisa dilakukan oleh jajarannya di di Dinas Kependudukan dan Pemerintah Daerah setempat.

“Kemendagri akan lebih banyak melakukan pembinaan dan pengawasan saja,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Tito juga menyerahkan bantuan logistik kepada korban banjir yang diserahkan secara simbolis kepada pengungsi di posko yang didirikan Kemendagri bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Sisa-sisa dampak dari banjir itu masih sangat kelihatan sekali, di jalan, di dalam rumah, listrik juga, tadi saya sudah tanyakan untuk masalah makanan tidak masalah, alhamdulillah Posko yang didirikan juga sudah banyak,” kata Mendagri.

Dia juga menjamin Pemerintah dan Pemda akan tanggap dan bergerak bersama guna mengatasi persoalan banjir dan bencana alam di beberapa wilayah. Mendagri juga mengajak seluruh elemen masyarakat bergotong- royong dalam mengatasi bencana alam.

“Saya kira semua sudah bergerak, sudah ada instruksi dari Presiden, Kapolri dan Panglima TNI juga sudah turun langsung, saya melihat memang perlu ada koordinasi antara Pusat dan Daerah. Semuanya kita harus bergerak ditambah dengan masyarakat, termasuk mungkin dengan perusahaan yang punya CSR. Inilah saatnya membantu masyarakat yang tertimpa musibah, kita saling bergotong royong,” ujarnya.a

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait