FOKUS

Indonesia Pimpin Pemilihan Dirjen UNIDO-PBB

WINA (tandaseru.id) – Presiden Industrial Development Board (IDB) Organisasi Pembangunan Industri PBB (UNIDO) Darmansjah Djumala memimpin forum kandidat untuk pemilihan Direktur Jenderal UNIDO, Selasa (25/5).

Forum ini digelar untuk memberikan kesempatan kepada tiga calon Dirjen UNIDO periode 2021-2025 yang berasal dari Bolivia, Ethiopia dan Jerman, untuk berkampanye menyampaikan visi dan misinya masing-masing kepada seluruh negara anggota UNIDO.

“Forum ini merupakan langkah sangat penting yang menentukan masa depan UNIDO”, ujar Darmansjah Djumala yang juga Duta Besar RI untuk PBB di Wina, Austria saat memandu proses pemilihan.

Dia mengatakan sebagai organisasi pembangunan industri dunia, UNIDO memiliki peran yang amat strategis untuk terus mendorong negara-negara anggotanya menuju revolusi industri ke-4 (Industri 4.0).

Dalam konteks pemulihan ekonomi dunia pasca pandemi, UNIDO juga berperan penting dalam memastikan pembangunan industri dapat terus berlangsung secara inklusif dan berkelanjutan,” tambahnya.

Ketiga calon yang bersaing untuk jabatan Dirjen UNIDO saat ini merupakan pejabat tinggi dan para menteri senior aktif yang diajukan oleh pemerintahnya masing-masing.

Kandidat dari Bolivia, Bernardo Calzadilla Sarmiento, banyak menekankan pentingnya UNIDO menjadi centre of excellence untuk pembangunan industri dunia dan bersinergi dengan sistem perdagangan multilateral.

Sementara itu, kandidat dari Ethiopia, Arkebe Oqubay menyoroti pentingnya peran UNIDO untuk lebih mendorong industrialiasi di negara berkembang yang sangat diperlukan untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan dan keluar dari middle income trap.

Kandidat Jerman, Gerd Müller berpandangan bahwa negara maju perlu untuk meningkatkan komitmennya dalam membantu negara berkembang menjawab tantangan-tantangan global saat ini.

Beberapa isu yang banyak ditanyakan oleh negara-negara anggota kepada para kandidat antara lain adalah visi mereka mengenai peran UNIDO dalam mendorong isu-isu-isu pengembangan industri UMKM, perubahan iklim, kesetaraan gender dan digitalisasi ekonomi.

Kandidat Dirjen UNIDO secara resmi akan dipilih pada pertemuan ke-49 IDB UNIDO yang akan dilaksanakan pada 12-15 Juli 2021 untuk selanjutnya disahkan pada General Conference pada 29 November – 3 Desember 2021. Dirjen UNIDO yang terpilih akan menggantikan Dirjen saat ini yang berasal dari RRT, Mr Li Yong.

Keterlibatan aktif Indonesia dalam forum pemilihan Dirjen UNIDO tersebut merupakan salah satu wujud dari komitmen Indonesia untuk terus memegang peran kepemimpinan di berbagai forum organisasi internasional.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com