FOKUS

Ini Alasan WN Cina Jadikan Indonesia sebagai Tempat Penipuan

Tandaseru – Polisi menyebut alasan mengapa warga negara (WN) Cina memilih Indonesia untuk melancarkan aksinya melakukan penipuan melalui telepon untuk menghindari kecurigaan polisi.

“Kulit (Orang) Indonesia dan mereka (WNA China) sama, banyak keturunan China disini. Makanya mereka enggak terlalu mudah dicurigai oleh warga-warga disini,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (26/11).

Saat ini sudah 66 WN China yang dicokok merasa kalau jaringan internet di Indonesia mudah diakses. Atas hal itu juga mereka menjadikan Tanah Air sebagai tempat beraksi. Sejauh ini mereka masih diperiksa intensif di Mapolda Metro Jaya. Polisi masih melakukan pengembangan akan adanya pelaku lain.

“Indonesia ini jaringannya paling gampang, jaringan internet disini paling mudah,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan tim gabungan Direktorat Kriminal Khusus dan Narkoba tengah melakukan penggerebekan di enam lokasi di Jakarta Barat.

“Penggerebekan salah satu di kawasan Kemanggisan. Ini kasus tentang penipuan menggunakan media telepon di mana para pelakunya WNA dari China,” ujar Yusri di lokasi, Senin (25/11).

Yusri menambahkan, korbannya bukan hanya WNI, tetapi juga WNA khsususnya warga China. Sementara itu, modus operandinya diketahui dengan cara mengada-ada terlibat kasus.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait