FOKUS

Ini Catatan BNPB Terkait Banjir Pekan Pertama Februari 2021 di Wilayah Indonesia

JAKARTA (tandaseru.id) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memantau bencana hidrometeorologi, seperti banjir, di beberapa wilayah Indonesia jelang akhir pekan pada minggu pertama Februari 2021.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam rilis tertulisnya menyebutkan kejadian tersebut mengakibatkan kerusakan fisik, pengungsian dan jatuhnya korban jiwa.

Sejumlah wilayah terdampak banjir yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi, antara lain terjadi di Kota Semarang, Kabupaten Lombok Timur, Dompu dan Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jember di Jawa Timur dan Singkawang di Kalimantan Barat. Hujan tidak hanya mengakibatkan banjir tetapi tanah longsor hingga menimbulkan korban jiwa, seperti yang terjadi di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (5/2) hingga Sabtu (6/2) kemarin.

Di Provinsi NTB, katanya banjir terjadi di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur yang mengakibatkan 70 unit rumah tergenang. Warga memilih bertahan di rumah mereka masing-masing karena ketinggian banjir tidak terlalu tinggi, atau mencapai 60 cm.

Masih di NTB, banjir bandang melanda Desa Nangatumpu, Kecamatan Manggelewa, Dompu. Banjir dipicu hujan deras pada Jumat (5/2), yang berlangsung beberapa jam antara pukul 16.00 hingga 22.00 waktu setempat. Banjir bandang Dompu mengakibatkan 140 KK terdampak hingga ada pengungsian di dua titik.

Raditya Jati menyebutkan banjir bandang Dompu juga mengakibatkan kerugian material seperti 140 unit rumah terendam, 50 unit Rumah rusak berat, 2 unit rumah hanyut, serta jebolnya pagar di SMPN 6 dan SDN 9. Kondisi banjir telah surut dan aktivitas masyarakat telah kembali normal.

Selanjutnya banjir di NTB berlangsung di Kabupaten Bima. Sebanyak dua desa terdampak, yaitu Desa Naru dan Tente, yang berada di Kecamatan Woha, Bima. Banjir dipicu oleh hujan intenstas ringan hingga sedang serta banjir luapan dari sungai di Desa Tente. Sekitar 90 rumah terendam pada ketinggian 60 – 80 cm saat banjir terjadi.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com