FOKUS

Ini Kalimat Bahagia Usai Embargo Senjata Dicabut PBB

TEHERAN (Tandaseru) – Iran menyambut bahagia kabar pencabutan embargo senjata oleh PBB yang telah dilakukan selama 13 tahun.

Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan sejak pembatasan ini dicabut, pihaknya melepaskan batasan semua transfer senjata, aktivitas lainnya, dan layanan keuangan ke dan dari Republik Islam Iran semuanya otomatis dihentikan.

“Normalisasi kerja sama pertahanan Iran dengan dunia saat ini adalah kemenangan bagi multilateralisme dan perdamaian serta keamanan di kawasan kami,” kata Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif.

Zarif mengatakan akhir embargo menjadi hari yang penting dan menempatkannya dalam konteks diplomatik sekaligus militer.

Sejumlah pejabat Iran mengklaim, dengan pencabutan itu, mereka kembali bebas untuk membeli dan menjual senjata konvensional dalam upaya memperkuat keamanan negara.

Seperti diketahui, embargo dicabut pada Minggu (18/10) pagi, meskipun ada protes dari Amerika Serikat (AS). Pencabutan itu sesuai jadwal lima tahun dalam kesepakatan nuklir Iran yang diteken pada 2015.

Rusia dan China adalah dua negara yang saat ini paling mungkin menawarkan senjata ke Teheran. Hal itu membuat Iran sulit bergantung pada industri senjatanya sendiri, setelah maraknya penyelundupan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait