Ini Perkiraan Puncak Arus Libur dan Balik Nataru 2019/2020

Tandaseru – Kemenhub memperkirakan puncak arus libur dimulai pada 20-24 Desember 2019, sedangkan puncak arus balik diperkirakan 29-31 Desember 2019.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, tahun ini, pemerintah dan para operator angkutan telah menyiapkan sarana angkutan yaitu sebanyak 50.317 unit bus (AKAP, AKDP dan Pariwisata), penyeberangan disiapkan sebanyak 228 kapal Ro-Ro, 404 unit kereta api, sebanyak 1.293 unit kapal, dan 495 unit pesawat. Jumlah tersebut rata-rata mengalami peningkatan dibanding tahun 2018.

“Konsentrasi pengaturan pada Jalur di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur; penyeberangan Danau Toba, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Kepulauan Maluku, jalur wisata antara lain Puncak Bogor, Bandung, Malang, Solo, Yogyakarta, Parapat Toba; dan lokasi-lokasi lainnya yang menjadi tempat perayaan pergantian tahun,” jelas Menhub.

Dia memprediksi terdapat sebanyak 16,4 juta penumpang yang akan melakukan perjalanan pada angkutan Nataru tahun ini atau turun 0,18 persen dibandingkan tahun lalu.

“Prediksi jumlah penumpang memang yang paling banyak darat karena jalan tol itu banyak bertambah. Kita prediksi naik 4-5 persen. Yang lain itu rata. Udara mungkin turun sedikit,” tutur Menhub saat raker dengan Komisi V DPR.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id