FOKUS

Ini Saran Presiden untuk Anies dan Sandi Atasi Banjir Jakarta

JAKARTA (!) – BMKG sudah mengingatkan pada bulan Desember 2017 memasuki musim hujan. Hujan deras akan mengguyur kota Jakarta dan sekitarnya disertai angin kencang sehingga berpotensi banjir.

Banjir yang selalu menerjang ibukota harus mampu diatasi.Karena itu, Presiden Joko Widodo memberikan saran kepada gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta untuk mengatasi banjir Jakarta.

Presiden Joko Jokowi mengatakan sodetan yang menghubungkan Sungai Ciliwung dengan Kanal Banjir Timur, harus segera diselesaikan, agar dapat mengatasi banjir di Jakarta.

“Kita harapkan juga pemerintah provinsi ini mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan banjir itu. Drainase di kampung-kampung semuanya harus dibersihkan,” kata Jokowi saat meninjau pembangunan Waduk Sukamahi, di Kabupaten Bogor, Jumat (15/12) siang.

Selain itu, menurut Presiden, aliran sungai-sungai yang ada di Jakarta perlu dibersihkan dan dipelihara, di samping juga perlu melakukan pemeliharaan waduk-waduk tempat penampung air di ibukota.

“Kalau bisa, tambah waduk-waduk yang ada di Jakarta. Itu sudah akan sangat mengurangi sekali. Jadi Waduk Sunter, Waduk Pluit, Waduk Melati, Waduk Setiabudi, semuanya harus dikerjakan, dibersihkan terus,” ujar Presiden.

Presiden telah meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi di Kabupaten Bogor sebagai upaya penanggulangan bencana banjir di Jakarta dari wilayah hulu.Upaya tersebut, tentunya dapat mengurangi laju debit air yang masuk ke Jakarta sebesar 30%.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait