FOKUS

Ini Sejumlah Pembangunan Jalan Tol yang Segera Diresmikan Mulai Juni 2020

JAKARTA (tandaseru) – Menteri PUPR menjelaskan progres pembangunan jalan tol dengan investasi jalan tol sekitar Rp395 triliun. Sejumlah jalan tol tersebut akan segera diresmikan Juni 2020.

“Progresnya pada Juni yang bisa diresmikan pertama adalah Banda Aceh-Sigli seksi IV sepanjang 14 km, sekarang sudah uji layak fungsi untuk bisa diresmikan pengoperasiannya,” ujarnya.

Pekanbaru-Dumai, menurut Menteri PUPR, 131 km bagian dari Trans Sumatra toll road itu juga akan siap, sekarang sedang proses uji layak fungsinya dan Manado-Kauditan bagian dari Tol Manado-Bitung 21 km.

“Balikpapan-Samarinda seksi I dan V sepanjang 33 km juga siap. Kemudian yang mungkin sampai akhir tahun nanti Pettarani-Makassar yang baru saja kita selesaikan topping off-nya. Kemudian Cibitung-Cilincing di JORR, dan juga Krian-Legundi-Bunder-Manyar di Jawa Timur. Itu yang bisa diresmikan,” imbuhnya.

Sedangkan yang sudah dilakukan market sounding untuk investasi baru, menurut Menteri PUPR, ada 10 ruas.

Yang pertama, menurut Menteri PUPR, rencana ruas tol Solo-Yogyakarta, jadi Kulonprogo-Yogyakarta-Solo sepanjang 76 km, ini proses lelangnya sudah mulai dan tanggal 4 Juni nanti akan proses pemasukan penawarannya, diharapkan sekitar September/Oktober kalau bisa dimulai konstruksinya atau melalui dengan pembebasan lahan dulu.

Cigatas ini, menurut dia juga akan mulai prakualifikasinya (PQ) dan 9 ruas lainnya akan dimulai prakualifikasinya pada bulan ini juga.

“Jadi termasuk di sini ada Cigatas, kemudian akses Patimban, Bogor-Serpong, Sentul Selatan-Karawang Barat, Tol Pelabuhan Semarang, Semanan-Balaraja, Cikunir-Karawaci, Cikunir-Ulujami, dan multi lane free flow sistem pembayaran di Sentul,” ungkapnya.

Tentang bendungan, Menteri PUPR sampaikan yakni pada tahun 2015-2016 targetnya 65 bendungan sudah diselesaikan sekitar 60 (bendungan), sehingga tahun ini 5 (bendungan) akan dimulai.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait