FOKUS

Ini Strategi dan Penekanan Kapolri pada Sandi Operasi Lilin 2019

Tandaseru – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menyampaikan Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi operasi Lilin 2019 di seluruh wilayah Indonesia sementara apel gelar pasukan akan dilaksanakan pada 19 Desember 2019 di Medan.

Idham Azis mengungkapkan sebanyak 61.308 Objek keamanan akan diamankan Polri, yakni gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek tahun baru, terminal dan tempat lainnya.

“Dengan jumlah 191.807 personel pengamanan dari TNI-Polri serta satuan lainnya yang terkait,” ujar Kapolri Jenderal Idham Azis pada rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020, di Auditorium Mutiara Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan.

Kapolri menjelaskan, Polri mempunyai strategi untuk mengatasi pengamanan natal dan tahun baru. Strategi Polri di antaranya mengoptimalkan Rekayasa Lantas (Pengendalian terpusat, Contra Flow, Buka tutup arus, One Way System), mengoptimalkan peran 3 Satgas pendukung operasi (Satgas bencana alam, Satgas Pangan, Satgas BBM), mengoptimalkan Harkamtibmas, melakukan penegakan hukum terhadap jaringan pelaku teror (secara silent untuk menghindarkan kegaduhan)

Untuk itu, Kapolri menekankan untuk mengecek kembali Renops, kebutuhan anggaran, kesiapan sarpras dan plotting anggota, pemetaan titik kerawanan (rawan macet, tempat ibadah, pusat perbelanjaan dll), deteksi dini dan penggalangan terhadap ormas dan monitoring serta cek selalu stabilitas harga pangan.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait